Mohon tunggu...
Kamsia Junari
Kamsia Junari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tiada alasan untuk tidak menulis

Menulis adalah manifestasi dari jiwa yang tidak sempat di luapkan dalam ucapan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perhimpunan Mahasiswa Uyelewun (MAWU) Kupang Gelar Kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru

5 Desember 2021   00:31 Diperbarui: 5 Desember 2021   00:34 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perhimpunan Mahasiswa Uyelewun atau di singkat (MAWU) Kupang merupakan salah satu  organisasi Kepemudaan Daerah dari Lembata yang ada  dikota kupang.  Didirikan pada tahun1986. Yang  merupakan Organisasi Pengkaderan dan Pergerakan  yang tentunya memiliki peran penting dalam membangun semangat kepemudaan demi mencapai  kemajuan suatu bangsa dan terkhusus Daerah Lembata sendiri. Tujuan dari kaderisasi yang di maksud itu sendiri tidak terlepas dari pada peran kaderisasi yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah Organisasi. Perjuangan yang di maksud  Juga merupakan suatu kewajiban yang  bentuk pembinaan dan menambah kader  kader Mawu Kupang itu sendiri agar eksistensi organisasi tetap terawat.


Keangggotaan Mawu Kupang ini tentunya untuk semua Mahasiswa lembata wilayah kedang (Omesuri dan Buyasuri) yang sedang menempuh pendidikan Tingkat Tinggi di Kota Kupang sebagai mahasiswa tentunya. Namun untuk Pemuda/ mahasiswa yang bukan berstatus sebagai orang asli Kedang yang ingin ikut  dan bergabung untuk belajar di Organisasi Mawu  Akan tetap diterima dan akan di kategorikan sebagai Anggota Luar biasa dalam Organisasi Mawu itu sendiri. Alasan utama Mawu Kupang tidak membatasi peserta dari luar lembata karena Mawu kupang tidak pernah membatasi gerak pemudah untuk belajar dan berproses membenah diri di dalamnya.


Sehingga pada tanggal,18-21 November 2021 lalu  Mawu Kupang menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) yang mana sebagai salah bentuk proses kaderisasi yang ada di Mawu Kupang itu sendiri . Kegiatan ini bertempat di Oeleta,Gereja St. Gregrius Agung Oeleta-Kupang dengan merekrut anggota kader sebanyak 41 peserta. Peserta yang terdaftar tentunnya sebagaian besar orang kedang-lembata dan sebagianya lagi berada diluar kedang-lembata, seperti Ende, Manggarai, Adonara, Alor, Maumere dan beberapa tempat lainnya.


Materi-materi dalam kegitan MPAB yang di maksud berjumlah 11 materi yang didalamnya tedapat materi dasar organisasi Mawu-Kupang. Tidak lepas dari itu, para pemateri yang meyampaikan materi dalam kegiatan tersebut adalah sebagian besar adalah kaderaktif maupun senior dan alumni dari MAWU itu sendiri.
Proses kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tentunya mendapat banyak apresiasi dari semua kalangan, undangan yang hadir  kala itu.

 Proses pengkaderan Mawu Kupang juga sama sekali tidak dikategorikan dalam bentuk semi Militer meskipun dalam proses perkaderan yang dilaksanaknakan sedikit menguji kekuatan fisik para peserta. Dan adapun juga sala satu proses yang dilakukan dalam proses kaderisasi adalah dengan di adakannya seremonial  pembaiatan untuk para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dan terdaftar sebagai peserta aktif dalam mengikuti setiap rangkain kegiatan yang di siapkan oleh Panitia pelaksana itu sendiri sebagai bentuk pengabdian para peserta kepada Mawu kupang itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan