Mohon tunggu...
Imam Syafii
Imam Syafii Mohon Tunggu... Nowadays English Director

Pengamat dan praktisi pendidikan. Khususnya pendidikan kebahasaan.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Nowadays English Teacher Beliefs in Language Teaching

19 Februari 2021   07:42 Diperbarui: 19 Februari 2021   08:03 352 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nowadays English Teacher Beliefs in Language Teaching
Language illustration: Sumber whenwomeninspire.Com

Nowadays English Teacher Beliefs in Language Teaching menjadi penting untuk dibahas di kalangan para praktisi bahasa Inggris, bukan hanya sebagai aktifitas rutin para peneliti, namun lebih utama untuk memfasilitasi kebutuhan para pelajar bahasa Inggris di era sekarang.

Language teaching practices yang telah berkembang pesat dengan munculnya model, theory, hasil penelitian terbaru, harus mampu dipraktikan secara baik dalam pengajaran berbahasa kekinian, Nowadays English.

Global Englishes contohnya, telah memberikan insight baru bagi praktisi bahasa khususnya dan teoritisi serta metodologis pada umumnya. Munculnya teori ini tidak lepas dari perlunya ada penyesuaian yang konsisten atas dasar kebutuhan di dunia teaching practices.

Para pelajar bahasa sebagai objek dan subjek sekaligus tentu akan terus berubah seiring waktu. Kebosanan model pembelajaran, perlunya rerfreshing model pengajaran, dan mungkin keputus-asaan para pembelajar menjadi contoh data awal untuk terus progressif dalam mengembangkan model pembelajaran di era yang super cepat ini.

Walaupun fakta teori pengajaran bahasa terus mengalami spin, perubahan terus-menurus, khususnya di bidang practices, namun tak bisa dipungkiri bahwa satu perubahan ke perubahan lainnya akan saling terkait tanpa harus decoupling atau terjadi keterlepasan.

Tentu kenyataan ini baik bagi para praktisi. Efeknya mereka terus progressif mengembangkan model praktis dengan menggunakan keadaan spinning dalam language teaching yang akirnya akan menemukan winning formula dalam aktifitas belajar di dalam kelas.

Grammar Translation Methods, Suggestopedia, PPP, Audio Lingual, dan Communicative Language Teaching serta model-model micro lainnya merupakan bukti nyata spinning tersebut. Dampaknya pengajaran berbahasa secara praktispun akan terus mengikuti tren perkembangan ini.

Mengapa? Karena sudut pandang perubahan tersebut berfokus kepada para pembelajar yang terus menuntut perubahan model yang relevan dengan kebiasaan, konsepsi, dan dunia yang sedang mereka jalani sebagai generasi lanjutan.

Teacher Beliefs Dalam Language Teaching

Teacher beliefs dalam pengajaran skill berbahasa memainkan peran sangat penting. Bagaimana tidak, teacher beliefs merupakan sebuah kristalisasi atas pemahaman, konsepsi, dan teori bagaimana skill berbahasa diajarkan dan digunakan.

Ia terbangun atas dasar konsep-konsep micro dalam language teaching. Contohnya, jika anda seorang English practitioner atau seorang English educator, tentu memiliki sebuah konsep, pola, dan keyakinan bagaimana cara mengajar kemampuan berbahasa yang berhasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x