Mohon tunggu...
Kelompok 374 KKN UNEJ
Kelompok 374 KKN UNEJ Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kelompok 374 KKN UNEJ merupakan kelompok pengabdian yang terdiri dari beberapa mahasiswa Universitas Jember yang diterjunkan di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Akun ini merupakan media publikasi seputar kegiatan selama masa pelaksanaan KKN di Desa Kalianyar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Karnaval dan JJS: Mengintip Kemeriahan Perayaan HUT RI ke-77 di Desa Kalianyar - Ijen

19 Agustus 2022   23:11 Diperbarui: 19 Agustus 2022   23:15 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama panitia acara karnaval dan JJS. dokpri

Dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Desa Kalianyar mengadakan perayaan dengan  menyelenggaraan  berbagai lomba dengan melibatkan seluruh warga. Antusiasme warga sangat terlihat dengan meluangkan waktu, tenaga, dan idenya untuk berpartisipasi secara langsung pada acara ini. Beberapa perlombaan yang diselenggarakan oleh Desa Kalianyar adalah lomba bola voli, voli buta, kartu domino, karaoke, panjat jabon, tarik tambang, dan tartil. Adapun acara puncak perayaan HUT RI diselenggarakan selama dua hari dengan mengadakan karnaval dan Jalan-Jalan Sehat (JJS).

Antusiasme masyarakat ikut serta dalam acara karnaval. dokpri
Antusiasme masyarakat ikut serta dalam acara karnaval. dokpri

Karnaval dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022. Acara ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat Desa Kalianyar. Tidak hanya anak muda, peserta karnaval juga diikuti oleh masyarakat paruh baya. Karnaval ini mengangkat tema kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, warga diminta untuk berpartisipasi dengan memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap penampilan pakaian terbaik dan kreatif akan mendapatkan reward dari desa.

Kemudian pada tanggal 7 Agustus 2022, JJS dilaksanakan yang diikuti oleh masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Ijen. Acara ini dimulai sejak pukul 07.00 pagi dan berakhir sekitar pukul 17.00 pagi di Lapangan Mandala, Desa Kalianyar. Acara ini menyediakan sekitar 4.000 kupon yang disebarkan kepada masyarakat yang ingin mengikuti JJS. Nantinya, kupon ini akan diundi untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Hadiah utama acara ini berupa satu unit sepeda dan sebuah handphone. Selain kedua hadiah utama tersebut, ada berbagai hadiah yang akan dibagikan untuk pemenang undian.

Pengundian hadiah JJS. dokpri
Pengundian hadiah JJS. dokpri

Untuk menambah kemeriahan acara jalan sehat ini, berbagai pertunujukan ditampilkan. Mahasiswa KKN turut mempersembahkan beberapa penampilan yakni Tari Remo yang dilakukan oleh salah satu anggota kelompok KKN 374 dan tari tanduk majheng yang dilakukan oleh beberapa anak Desa Kalianyar. Selain jalan sehat, ada beberapa perlombaan yang diadakan secara bersamaan yakni panjat jabon, tarik tambang, final karaoke, final lomba voli buta, dan final bola voli. Agar semakin meriah, acara puncak JJS pun diselingi dengan penampilan dari para penyanyi ternama dari Jember untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang hadir.

Berbagai perayaan yang telah diselenggarakan oleh Desa Kalianyar menanggambarkan antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT RI ke-77. Berbagai lapisan masyarakat tidak ragu untuk memberikan kontribusi terbaiknya agar acara ini dapat terlaksana dengan baik. Terdapat berbagai makna positif dari terselenggaranya serangkaian perayaan ini. Seperti adanya harapan untuk semakin memperkuat rasa cinta masyarakat kepada Indonesia dan memperkuat ikatan antarwarga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun