Mohon tunggu...
Bang Rony
Bang Rony Mohon Tunggu...

Saya suka menulis, mencari informasi, jual beli sampai membagi informasi. http://www.kailpancing.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sepatu Bordir dan Sejarahnya

29 Februari 2012   00:35 Diperbarui: 25 Juni 2015   08:46 230 0 0 Mohon Tunggu...

Sepatu bordir, dengan pola dekoratif yang indah di bagian atasnya disulam dengan benang sutra berwarna-warni, merupakan kombinasi sempurna dari Budaya Sepatu dan seni. Dengan Bordir pola dekoratif yang indah di bagian atasnya disulam dengan benang sutra berwarna-warni, menjadikan sebuah kombinasi sempurna dari Budaya seni Sepatu Bordir.

Kalau mau ditelusuri bahwa pada awal 5.000 tahun yang lalu, di Zaman Neolitik, sepatu bot kulit sudah muncul dalam kehidupan orang Cina. Secara bertahap, sepatu terbuat dari berbagai bahan dalam gaya diversifikasi muncul. Di waktu pembagian kerja sosial ketika laki-laki harus menggarap tanah dan perempuan menenun kain, rajin dan perempuan Cina cerdas, melalui dinasti, telah diturunkan teknik kuno menyulam sepatu dari generasi ke generasi.

Para orang tua akan menceritakan pengertian estetika, tradisi budaya, etika dan kebajikan, serta perkembangan fashion dinasti di tiap sejarah pembuatan sepatu mungil. Dari membordir ke atas, dari bilur untuk tunggal, bordir dapat menemukan cara yang tepat untuk menjadi adat timur yang indah dan bersinar.

Motif ini berasal dari budaya rakyat dan adat istiadat, seperti bunga, burung, serangga, ikan, hewan, gunung, sungai, buah-buahan, dan tokoh dalam opera tradisional. Pola menguntungkan yang disukai kebanyakan adalah motif yang mengandung rasa untuk ingin punya bayi dan pernikahan untuk seumur. Nilai-nilai masyarakat yang positif hidup bahagia jelas ditampilkan dalam produk bordir nan indah.

Ini telah menjadi pemahaman bersama, pernah dari zaman kuno, bahwa wanita harus memikul misi khusus dan mampu menyulam pada sepatu. Banyak wanita mulai belajar menyulam dan membuat sepatu bordir di masa kecil mereka.

Secara bertahap, seorang wanita akan dianggap berbakat dan terampil jika ia membuat sepatu bordir yang baik. Kebijaksanaan dan rasa estetika seorang wanita ditunjukkan oleh pasang sepatu ini dibuat olenya.

Sementara itu, seorang pengantin akan membuat sepatu, pakaian, dan barang-barang sehari-hari dengan bordir cantik sebagai mahar terbaik untuk pasangannya. Belasan minggu lamanya, suatu usaha telah dilakukan di bidang sepatu bordir untuk tujuan pernikahan gadis itu, yang menunjukkan kesuciannya, kesetiaannya untuk mencintai, dan mengejar dia untuk kebahagiaan.

Nah, demikian sekelumit sejarah sepatu bordir yang menakjubkan dari negeri China. Hingga sekarang, perkembangan bordir telah melaju pesat sedemikian rupa begitu indahnya.

Sumber : http://sepatubordirr.blogspot.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x