Mohon tunggu...
Bang Rony
Bang Rony Mohon Tunggu...

Saya suka menulis, mencari informasi, jual beli sampai membagi informasi. http://www.kailpancing.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gejala Ikan Toman Semakin Berkurang

2 Desember 2013   02:38 Diperbarui: 24 Juni 2015   04:26 98 0 0 Mohon Tunggu...

Gejala mancing teknik casting kian menarik banyak orang. Mengasyikkan, sebab ikan2 sungai, rawa, waduk seperti gabus dll yang biasanya kita pancing pakai umpan cacing, daging ayam dll yang agak merepotkan kini bisa diganti dengan umpan palsu.

Salah satu sasaran ikan yang paling digemari oleh para pemancing dengan teknik casting adalah mancing ikan toman. Mengapa? Sebab ikan ini memiliki tarikan melawan yang kuat serta susah didapat.

Nah, di sini memang ada suatu simbiosis mutualisme antara pemancing dan ikan toman. Ikan toman terkenal sebagai ikan predator yang suka memakan ikan selainnya baik itu besar atau kecil. Sehingga keberadaan ikan toman sangat menakutkan bagi para pemilik kolam ikan tombro atau selain toman.

Nah, pemancing yang gemar strike dengan ikan toman selalu berusaha memburu dan memancing ikan toman karena asyik dan gengsinya. Peralatannya pun canggih dan serba mahal. Namun di sini mengakibatkan efek domino yakni ikan toman bs semakin berkurang - ikan lainnya berkembang biak - pemilik kolam senang dengan keberadaan para pemancing casting toman. Nah, mau apalagi?

VIDEO PILIHAN