Mohon tunggu...
KAENA ATHALIA PRADIKO
KAENA ATHALIA PRADIKO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Aku mempunyai kelebihan ada di bidang musik, sejak kelas 4 sd, aku sudah mulai mendalami passion ku di musik yaitu biola dan gitar. Hingga akhirnya di kelas 1 SMA aku berhasil mencapai mimpiku yaitu bermain biola di depan pak Presiden Jokowi. Kalau berbicara minat, seiring berjalannya waktu, aku suka membaca berita mengenai hal politik dan sosial isu yang sedang terjadi hingga akhirnya aku memutuskan untuk masuk fakultas hukum sambil terus mendalami passion ku.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

26 Oktober 2022   21:42 Diperbarui: 26 Oktober 2022   21:57 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelumnya perkenalkan saya Kaena Athalia Pradiko dari Fakultas Hukum Unpar. Pada tanggal 22 Oktober 2022 kemarin, saya mengikuti geladi hominisisasi dari pukul 8 pagi hingga 1 siang. Beberapa hari sebelum geladi, saya telah mengerjakan tugas pra geladi yaitu mendengarkan lagu indonesia raya tiga stanza dan saya memilik syair “Suburlah tanahnya, Suburlah jiwanya, Bangsanya, Rakyatnya, semuanya, Sadarlah hatinya, Sadarlah budinya, Untuk Indonesia Raya”. 

Menurut saya seluruh generasi muda ini perlu sadar akan pentingnya mencintai bangsa Indonesia ini. Mencintai dari segala aspek serta mendukung indonesia. Karena dari yang saya lihat, banyak anak muda generasi penerus bangsa ini sudah mulai tidak memperhatikan keutuhan bangsanya oleh karena itu perlunya kesadaran masing masing untuk membangun rasa cinta tanah air tersebut.

Kemudian kami para peserta geladi juga diberi tugas menonton video dari beberapa video yang diberikan. Saya sendiri memilih film dokumenter yang berjudul "Film Dokumenter Kue Tradisional: Sebungkus kisah tradisi yang kian terlupa" dan menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan. 

Film ini berkisah tentang makanan tradisional Indonesia yang mulai terlupakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Yang menarik adalah bagaimana film dokumenter ini menjelaskan bagaimana kue tradisional mulai dilupakan di masa sekarang ini karena tergantinya dengan kue kue modern, maka cara cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kue tradisional tersebut antara lain dimulai dari lingkungan keluarga dulu kemudian mulai memperkenalkan ke anak anak muda, karena kalau anak anak muda sudah mulai menyukai kue kue tradisional maka otomatis kesukaan tersebut akan berkelanjutan, itu yang akan bisa mempertahankan kue kue tradisional di anak muda. 

 Karena disini saya memilih film dokumenter terkait kue tradisional yang kian terlupakan maka saya akan mengatakan bahwa tantangan atau keprihatinan saya terkait ketahanan pangan di indonesia ini adalah mulai terlupakannya kue kue tradisional. Saya sendiri mengetahui bahwa kue tradisional jarang diminati oleh anak anak muda termasuk di lingkungan saya. 

Menurut saya mengapa kue kue modern lebih di bring up di anak muda karena kue kue modern itu memiliki promosi yang menarik sehingga anak muda juga tertarik. lain hal dengan kue tradisional, saya jarang melihat ada pengusaha kue tradisional yang memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. 

Selain itu juga, kue tradisional cukup sulit ditemukan, berbeda dengan kue modern yang mudah ditemukan di pusat pembelanjaan seperti mall. Kue tradisional kebanyakan ditemukan di pasar atau pinggir jalan. Maka dari tiu menurut saya, pengusaha pengusaha lokal kue tradisional perlu memperhatikan segala aspek dalam mempromosikan kue kue tradisional agar bisa menarik perhatian anak anak muda. 

Pada saat hari pelaksanaan geladi, saya masuk dalam kelompok 14. Pada waktu itu anggota yang hadir ada sekitar 5 orang. Kami dimasukkan ke dalam breakout room untuk berdiskusi mengenai topik yang akan dipresentasikan nantinya. Kelompok saya mendapatkan topik “Hari Sumpah Pemuda”. Syarat presentasi di geladi ini adalah analisis SWOT. Awalnya kelompok saya berdiskusi akan mempresentasikan topik ini dengan cara berpodcast dan diberi bumbu drama diawal pembukaan. Waktu yang diberikan untuk presentasi adalah maksimal 4 menit. 

Kelompok kami terpilih untuk menjadi finalis dalam presentasi di room utama, dan pada akhirnya kelompok 14 terpilih sebagai juara kedua dalam presentasi mengenai topik Hari Sumpah Pemuda. Setelah presentasi ada juga kuis kuis mengenai kebudayaan di Indonesia.

Dari geladi hominisasi ini saya jadi sadar bahwa ketahanan pangan serta budaya Indonesia mulai terancam. Saya jadi terdorong dan termotivasi untuk mencari lebih dalam kebudayaan yang ada di Indonesia dan juga makanan makanan tradisional di Indonesia. Kemudian, saya juga menjadi tahu bahwa persebaran pangan secara global belum merata, seperti masih banyak orang di dunia yang tidak mampu membeli makanan sehat. 

Setelah mengikuti geladi ini, menurut saya kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara sangat diperlukan karena kedua hal tersebut akan selalu berhubungan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara, tentu kita tahu bahwa kita memiliki kebebasan untuk mengemukakan pendapat di muka umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun