Mohon tunggu...
Kartika E.H.
Kartika E.H. Mohon Tunggu... Wiraswasta - 2020 Best in Citizen Journalism

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Artikel Utama

Berlebaran bersama "Talang Asam Manis" di Kota 1000 Sungai, Banjarmasin nan Bungas!

10 April 2024   22:59 Diperbarui: 12 April 2024   16:30 1208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahan Ikan Talang Asam Manis | @kaekaha

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar

La Ilaha Illa Allah, Allah Akbar

Allahu Akbar Wa Lillahil Hamd

Mendengarkan lantunan takbir yang menggema di angkasa saat hari kemenangan itu tiba, selalu menjadi momen sentimentil yang tidak bisa dihindari oleh setiap perantau yang karena berbagai alasan, terpaksa tidak bisa pulang untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Itu juga yang saya rasakan di awal-awal saya harus bertugas di luar Jawa, tepatnya di bagian Tenggara pulau Kalimantan atau yang sekarang justru lebih dikenal sebagai bagian dari provinsi Kalimantan Selatan, lebih dari 2 dekade silam.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H | @kaekaha
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H | @kaekaha

Sekarang, meskipun saya sudah menetap dan menjadi warga kota seribu sungai Banjarmasin nan bungas!, sesekali rasa haru dan sentimentil saat mendengar lantunan takbir yang mengangkasa di malam takbiran menyeruak, membuka lagi kenangan-kenangan indah bersama keluarga, sahabat, teman, bahkan si mantan! Duh...

Itulah romantika lebaran para perantau yang sepertinya akan terus aktual dan faktual sampai kapanpun! 

Tapi meski begitu, apapun situasinya kita tetap berhak untuk berbahagia menikmati hari raya kita, hari kemenangan kita semua masyarakat nusantara di manapun berada dan saya punya cara canggih untuk menikmatinya!

Ikan Talang Papan Premium | @kaekaha
Ikan Talang Papan Premium | @kaekaha

Lebaran tahun 2024 ini, jauh-jauh hari saya sudah merencanakan sebuah aktifitas untuk menjadikannya sebagai lebaran yang full kebahagiaan. Saya ingin memasak  sekaligus menyajikan kuliner tradisional Banjar yang mulai sulit di temukan di pasaran atau di warung-warung  Banjar, yaitu sajian talang asam manis.

Entah kenapa ya, sejak mencicipi rasa asinnya ikan talang yang "gurih-gurih nagih" hanya dengan sepiring nasi putih hangat di akhir 90-an, saya langsung terpesona dan jatuh cinta pada cicipan pertama!

Sajian spesial berbahan dasar ikan talang atau telang, si-ikan asin "sultan" dari Kalimantan Selatan yang harganya sebelas-dua belas sama daging sapi ini merupakan kesukaan sebagian besar Urang Banjar, termasuk saya dan juga keluarga besar istri saya di Banjarmasin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun