Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Unda Lakian Matan Banjar

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Puasa Arafah "Life Hack" untuk Meraih Ampunan-Nya

19 Juli 2021   07:07 Diperbarui: 19 Juli 2021   07:09 119 30 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puasa Arafah "Life Hack" untuk Meraih Ampunan-Nya
Suasana Masjidil Haram di Makkah | @kaekaha

" ... Dan puasa pada hari Arafah --aku mengharap dari Allah- menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari 'Asyura' (tanggal 10 Muharram) --aku mengharap dari Allah menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu". 

[Shahih riwayat Imam Muslim (3/168), Abu Dawud (no. 2425), Ahmad (5/297, 308, 311), Baihaqi (4/286) dan lain-lain]

Bulan Dzulhijjah termasuk salah satu bulan al-asyhur al-hurum atau bulan-bulan mulia dalam kalender Islam, selain Dzulqa'dah, Muharram, dan Rajab yang salah satunya ditandai dengan janji Allah SWT yang akan melipatgandakan setiap amal saleh yang dilakukan manusia, makhluk-Nya.

Selain amal saleh secara umum seperti memperbanyak bersedekah, berdzikir dan lain-lainnya, salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam (maaf, bukan umat muslim ya, karena keduanya sangat berbeda!) di Bulan Dzulhijjah seperti ditegaskan dalam Hadis Rasulullah SAW diatas adalah amalan puasa sunah yang biasa disebut sebagai puasa arafah.

Baca Juga :  Meluruskan Kekeliruan Massal "Umat Muslim"

Amalan puasa yang disunnahkan untuk umat Islam yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji ini, disebut puasa Arafah karena amalan puasa ini dilaksanakan setiap tanggal 9  Dzulhijjah, bertepatan dengan hari arafah atau wukuf-nya semua jamaah haji di padang Arafah yang juga dikenal sebagai puncak dari ritual ibadah haji umat Islam di tanah Haram, Makkah di setiap musim haji. 

Berdasarkan hadis Rasulullah diatas dan beberapa lagi yang lainnya, sebagai salah satu puasa sunah tahunan dalam kelender Hijriyah, puasa Arafah mempunyai beragam keutamaan yang sangat luar biasa, hingga umat Islam berasa "rugi besar" jika tidak melaksanakannya.

Ketika puasa Arafah dilaksanakan dengan penuh keimanan, ketulusan, keikhlasan, ke sabaran dan sungguh-sungguh mengharap ridha Allah SWT, Insha Allah bisa menjadi  media untuk mendapatkan penghapusan dosa yang kita lakukan setahun sebelum dan sesudahnya. Artinya, puasa Arafah layaknya life hack alias "jalan pintas" untuk mendapatkan ampunan Allah SWT.

Baca Juga :  Mohon... Jangan Naik Haji Lagi!                        

Memang, mengenai pengampunan dosa ini, tidak ada keterangan yang menyebutkan jenis dosa apa yang mendapatkan ampunan seperti yang di harapkan oleh Rasulullah SWT kepada Allah SWT, hingga terjadi perbedaan pendapat diantara ulama terkait hal ini. Apakah dosa kecil saja yang di ampuni atau termasuk dosa-dosa besar juga?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN