Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Unda Lakian Urang Banjar

... penikmat musik dan budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Trypanophobia, Ketakutanku pada Jarum Suntik yang Begitu Akut

7 Februari 2021   08:17 Diperbarui: 7 Februari 2021   09:37 170 31 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Trypanophobia, Ketakutanku pada Jarum Suntik yang Begitu Akut
Munyuntik | voaindonesia.com

Viral Trypanophobia

Saat ini jagat media sosial dihebohkan dengan viralnya video kepala Puskesmas Bone Bolango, Gorontalo, Awaludin Rahim yang histeris dan meronta-ronta saat akan disuntik vaksin covid-19. 

Dalam video berdurasi sekitar 39 detik tersebut, tampak tubuh tinggi besar Awaludin dipegangi oleh beberapa tenaga medis yang juga rekan-rekannya sampai petugas medis berhasil menyuntikkan vaksin Covid-19 ke pangkal lengan sebelah kiri. 

Dari pengakuannya, Awaludin mengaku bukan takut dengan vaksin covid-19, tapi memang takut atau fobia dengan jarum suntik sejak masih kecil.

Awaludin tidak sendiri, banyak orang disekitar kita termasuk saya sendiri yang memang benar-benar takut dengan jarum suntik atau biasa disebut sebagai pengidap trypanophobia. Sebelum video viral Awaludin, media sosial dan elektronik juga sering memberitakan berbagai kalangan yang ternyata pengidap dari trypanophobia

Uniknya, trypanophobia ini tidak ada mengenal usia, postur atau fisik seseorang apalagi aktifitas atau profesi seseorang. Buktinya ya Pak Awaludin Rahim diatas! Mungkin dalam benak kita akan berpikir masak iya, tukang suntik berpostur tinggi besar begitu bisa takut disuntik!? Betul? 

Fakta pengidap trypanophobia lain yang pernah viral di jagat media antara lain adalah beberapa anggota TNI, salah satu diantaranya Sertu Nur Kholis yang dulu pernah viral di tahun 2017-an, dimana dalam unggahan video  yang beredar tampak beliau dengan seragam dinasnya tidak kalah histeris dari Awaludin saat akan disuntik oleh petugas medis.

Jelas, tingkah para pengidap trypanophobia di video-video tersebut serasa anomali, bagaimana tidak! Umumnya, dalam keadaan normal hanya anak-anak kecil saja yang takut dengan jarum suntik, tapi faktanya mereka bukan anak kecil, mereka orang dewasa, bahkan ada yang berprofesi sebagai tentara, tenaga kesehatan dan saya yakin banyak lagi yang lainnya. Kok bisa, mereka takut juga dengan jarum suntik? 

Sertu Nur Kholis Saat Akan Disuntik | Facebook/@Eris Riswandi
Sertu Nur Kholis Saat Akan Disuntik | Facebook/@Eris Riswandi

Saya juga Pengidap Trypanophobia

Inilah uniknya pengidap trypanophobia yang umumnya juga merasa takut terhadap tindakan medis lainnya, persis seperti yang saya rasakan! 

Sejak kecil, secara sadar saya selalu menghindari "acara suntik-menyuntik" dimanapun dan untuk kepentingan apapun, Alhamdulillah selalu berhasil. Sampai detik ini, trypanophobia saya masih belum hilang dan sepertinya tidak akan pernah hilang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x