Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Unda Lakian Urang Banjar

... penikmat musik dan budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"Kalimantan Selatan Juga Bagian dari Indonesia", Sisi Lain Banjir Besar Kalimantan Selatan di Awal 2021

16 Januari 2021   09:14 Diperbarui: 16 Januari 2021   09:19 887 55 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Kalimantan Selatan Juga Bagian dari Indonesia", Sisi Lain Banjir Besar Kalimantan Selatan di Awal 2021
Kalimantan Selatan Juga Bagian dari Indonesia | Twitter @mtorieqa 

Selama 20 tahun saya tinggal di Kalimantan Selatan, khususnya di Kota 1000 Sungai, Banjarmasin nan Bungas! Baru kali ini komplek tempat tinggal saya yang juga menjadi tempat tinggal pribadi Gubernur yang baru saja terpilih kembali, Syahbirin Noor  yang lokasinya di pinggiran kota ini kebanjiran!

Memang, banjir di komplek kami "baru" sebatas lintuhut atau lutut alias dengkul orang dewasa yang biasanya oleh Urang Banjar belum dianggap sebagai banjir atau kebanjiran, tapi baru masuk kategori  calap  alias tergenang saja. Tapi karena di komplek kami kejadian jalanan calap seperti ini belum pernah terjadi, makanya kami menganggap ini sebagai kejadian yang luar biasa!

Baca Juga :  Tetangga Baru, Plat Merah - DA  1                        

Lhaaah, kalau di komplek kami yang biasanya tidak kebanjiran saja, sejak Kamis sore (14/01/2021) jalanan mulai calap alias terendam air yang secara bertahap terus naik sampai terbaru saat ini, setinggi dengkul! Lalu bagaimana denagn daerah-daerah yang biasa menjadi langganan banjir ?

 

Jalanan Calap di Komplek Kami, Foto Diambil Jumat Sore (15/01/2021) | @kaekaha
Jalanan Calap di Komplek Kami, Foto Diambil Jumat Sore (15/01/2021) | @kaekaha

Gayung bersambut, dari berbagai media sosial warganet lokal, akhirnya terkuak fakta banjir hampir merendam semua kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, dengan intesitas berbeda-beda dari kategori calap seperti yang terjadi di komplek kami sampai yang ketinggian banjirnya mencapai dua-tiga meter atau merendam sampai atap rumah.

Melansir berita dari apahabar.com, sampai Jumat malam (15/01/2021) total ada 84.438 jiwa dari 22.765 KK di 8 kabupaten dan kota yang terdampak banjir. Itu data diatas kertas, fakta dilapangan pasti jauh lebih besar layaknya gunung es!

Baca juga :  Mereduksi "Kebiasaan Anthropogenic", Pemicu Bencana Banjir di Sekitar Kita

Anehnya, disaat seperti itu tidak satupun media nasional mainstream yang mengabarkan berita apalagi empati terhadap musibah yang dialami masyarakat Kalimantan Selatan, kecuali media masa online dan para netizen nasional yang justeru berteriak-teriak agar pemerintah segera bergerak membantu korban banjir di Kalimantan Selatan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x