Mohon tunggu...
Kartika E.H.
Kartika E.H. Mohon Tunggu... Wiraswasta - 2020 Best in Citizen Journalism

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tentang "Pluviophile" dan Rinai Hujan yang Membahagiakannya

5 Januari 2021   15:57 Diperbarui: 5 Januari 2021   16:07 908
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mandi Hujan Sangat Mmenyenangkan | @kaekaha

"Hujan adalah rahmat" 

Begitulah petuah ibu saya setiapkali hujan turun mengguyur bumi, membasahi tanah dan menyejukkan udara. Selanjutnya, untuk mempermudah pemahaman saya terhadap makna tersurat dan tersirat dari frasa tersebut, dengan cerdik beliau selalu melanjutkannya dengan bakisah (bercerita/mendongeng ; bahasa banjar) tentang banyak hal terkait hujan, mulai dari kronologi, siklus sampai legenda dan beragam hikmah dari diturunkannya hujan.  

Semuanya tetap ilmiah dan menggugah, walaupun dikemas dengan bahasa sederhana dan yang terpenting tetap bisa masuk akal bocah-bocah  yang saat itu masih ingusan dan katanya masih bau minyak telon dan kadang-kadang bau kencur pula!

"Kita tidak boleh mencela turunnya hujan, apapun yang terjadi kita tetap harus mensyukurinya, karena turunnya air hujan merupakan rahmat, salah satu sebab dari kehidupan"

Anak-anak Hobinya juka Mandi Hujan | @kaekaha
Anak-anak Hobinya juka Mandi Hujan | @kaekaha

Kalimat ibu inilah inilah yang tertanam dalam alam bawah sadar saya, sekaligus menjadi pattern saya "mencintai" fenomena alam bernama hujan. Kecintaan saya pada hujan berikut rinai-nya yang menurut saya sangat romatis semakin menjadi-jadi, ketika mengetahui dalam Alquran, Allah  SWT banyak sekali memberi pengetahuan yang luar biasa terkait hujan.

Baca Juga :  Diam-diam Terinfeksi Covid 19, Diam-diam Juga Virus Mutasinya Melakukan Reinfeksi!

Begitu juga dengan Alhadits dari Rasulullah Muhammad SAW, yang beberapa diantaranya juga menyebut keistimewaan momen turunnya hujan. Salah satunya yang paling masyhur adalah yang menyebutkan saat turun hujan adalah waktu mustajabnya berdoa kepada Allah SWT.

Itulah kronologi si bocah ingusan dari kaki Gunung Lawu itu akhirnya tumbuh menjadi sosok pluviophile, penikmat hujan.

Mandi Hujan dengan Anak-anak | @kaekaha
Mandi Hujan dengan Anak-anak | @kaekaha

Pluviophile, Sang Penikmat Hujan

Saya masih ingat, selain mendengarkan ibu bakisah tentang hujan, setiap hujan turun terutama di awal hujan, ibu juga menyuruh saya untuk membasahi tangan dan kaki saya dengan air hujan, menurut beliau, kebiasaan itu juga didapat beliau dari orang tuanya atau kakek-nenek saya yang katanya juga sebagai bagian dari mengikuti sunnah Rasulullah untuk bertabarruk (mengambil berkah) dari air hujan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun