Mohon tunggu...
Kartika Eka H
Kartika Eka H Mohon Tunggu... Perajin Souvenir

...penikmat musik, traveling, fotografi, bola, buku cerita, humaniora dan kuliner berkuah kaldu ..... ingin sekali keliling Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Inilah Lagu-lagu Populer Pembakar Semangat Nasionalisme Indonesia Sepanjang Masa

14 Agustus 2019   02:03 Diperbarui: 14 Agustus 2019   04:58 0 27 14 Mohon Tunggu...
Inilah Lagu-lagu Populer Pembakar Semangat Nasionalisme Indonesia Sepanjang Masa
inews.id

Gelegar semangat nasionalisme dan ke-Indonesiaan kita bisa kita munculkan kapan saja dengan berbagai cara. Salah satunya yang diyakini paling efektif adalah melalui media lagu, yaitu memperdengarkan atau juga menyanyikannya, baik lagu-lagu nasional perjuangan yang biasa dinyanyikan dalam berbagai upacara bendera baik  di sekolah dan di berbagai instansi maupun lagu-lagu populer masa kini yang lebih ngepop baik dari segi tema, lirik maupun genre musiknya.

Memasuki bulan Agustus, bangsa Indonesia selalu bersiap untuk kembali "menggelorakan" semangat kemerdekaan dalam rangka memperingati ulang tahun kemerdekaan yang tahun ini memasuki edisi  ke-74. 

Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di berbagai pelosok Indonesia, biasanya tidak akan lepas dari beragam musik "perjuangan" yang selalu mewarnainya dan pada tahun ini, saya ingin memberikan apresiasi sekaligus sedikit sumbangsih pada penikmat musik, khususnya penikmat lagu-lagu yang merindukan kembalinya semangat nasionalisme ke-Indonesiaa pada jiwa-jiwa merdeka kita semua.

Berikut lagu-lagu populer yang bisa membakar semangat nasionalisme ke-Indonesiaan kita untuk sepanjang masa, selamat menikmati!


1. Manisnya Negeriku - Pujiono (2014)

Sosok bernama Pujiono yang asli Cilacap ini mungkin tidak banyak yang mengenalnya, tapi kalau anda mendengarkan lagu hasil karyanya yang sempat viral di tahun 2014 yang lalu, tentu anda akan segera mengenalinya!

Ya, dia memang Pujiono, seorang pengamen dan tukang parkir yang pernah membuat masyarakat Indonesia meneteskan air mata karena teraduk-aduk "rasa ke-Indonesiannya" tatkala mendengar lagu catchy ciptaannya yang berjudul manisnya negeriku, dinyanyikannya dengan cara polos dan tidak kalah sederhana dengan penampilannya saat mengikuti audisi Indonesian Idol 2014 dihadapan Anang Hermansyah, Ahmad Dani dan Tantri yang akhirnya viral saat itu.

Meskipun Pujiono sendiri tidak lolos dari audisi Indonesian Idol 2014, tapi lagu manisnya negeriku yang liriknya begitu mudah untuk dihapal sekaligus dinyanyikan, bahkan oleh anak-anak sekalipun, begitu juga dengan aransemennya yang simpel minimalis dan relatif ringan akhirnya  justeru menemukan jalan suksesnya sendiri release di pasaran melalui major label.

Tema lirik dalam lagunya yang sarat dengan "rasa keIndonesian", khususnya ajakan untuk bertoleransi  terhadap berbagai perbedaan budaya dan agama, menarik perhatian manajemen Indonesian Idol untuk menjadikannya sebagai soundtrack Indonesian Idol 2014, bahkan Ahmad Dani pentolan band Dewa 19 juga sempat tertarik untuk membeli lagu manisnya negeriku tersebut, sayang konon dia kalah cepat dengan salah satu partai politik yang segera membelinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x