Mohon tunggu...
Kadek Dwi
Kadek Dwi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Saya Bersama RESEP 2017, Farmasi, dan KEMAFAR-UH

15 Januari 2018   18:35 Diperbarui: 15 Januari 2018   19:10 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saya bersama Resep, Farmasi ,dan Kemafar

Nama saya Kadek Saka Dwipayanti biasa disapa Kadek dan itu merupakan nama maba saya . Yaps saya adalah anak Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin. Kampusku ini merupakan kampus favorit di bagian Indonesia Timur yang memiliki akreditas A pada semua program jurusan yang ada baik S1, Pendidikan Apoteker, dan S2. Saya memilih Farmasi karena Ibu saya dan keluarga saya yang rata-rata bekerja di dunia kesehatan kecuali ayah saya. Pertama saya menginjakan kaki di kampus ini seperti masih mimpi yang saya rasakan, perjuangan mati-matian bersaing dengan beribu-ribu orang di luar sana membuat saya pesimis dengan kelulusan saya tetapi tuhan berkehendak lain namaku terpajang nyata ketika pengumuman SNMPTN pada tahun 2017. 

Hari demi hari ku lewati di Farmasi akhirnya saya menyelesaikan satu semester dengan IPK yang sangat memuaskan untuk saya. Di sini saya akan membahas tentang Pengkaderan saya selama saya berada di Farmasi Unhas. Ternyata tidak mudah menjadi mahasiswa sepenuhnya sangat berbeda dengan namanya siswa yang saya rasakan dulu ketika saya masih SMA. Selanjutnya saya mendengar kalau Maba harus melewati tahap Pengkaderan untuk menjadi Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi. PENGKADERAN??? Terlintas di benakku pertama kali mendengar kata itu saya berpikir bahwa itu adalah sebuah kegiatan pengajaran kadang juga pemaksaan kehendak yang dilakukan seorang senior kepada juniornya. 

Pertama saya masuk di perguruan tinggi banyak dari teman -- teman saya yang bilang bahwa di Perguruan Tinggi itu kegiatan Pengkaderan sudah biasa dilakukan dan seorang maba atau mahasiswa baru itu harus ikut atau wajib untuk mengikuti kegiatan pengkaderan ini. Karena kegiatan ini dianggap sangat bermanfaat bagi para mahasiswa baru agar mereka dapat akrab dengan seniornya atau dengan teman sesama mahasiswa baru. 

Pengkaderan di Farmasi Unhas dinamakan dengan Pra RESEP terlebih dahulu ini merupakan langkah pertama kita untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu RESEP kata ini merupakan kepanjangan dari . Setelah beberapa hari saya masuk kuliah, ada senior yang tiba -- tiba datang ke kelas saya. Mereka menjelaskan yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa baru dan mereka bercerita tentang kegiatan dan organisasi yang ada di kampus serta memberikan persyaratan yang harus dibawa sabtu dan minggu ketika pengkaderan berlangsung. 

Setiap generasi dari setiap zaman yg berbeda mungkin saja mempunyai tujuan lain dalam mengadakan pengkaderan, tetapi tujuan utama itu tidak pernah hilang. Ia seperti abadi, di ceritakan dan di kuliahkan turun-temurun. Hari pertama saya ikut pengkaderan rasanya sangat aneh. Kenapa saya bilang begitu? Ya aneh menurut saya, karena hal pertama yaitu kita harus membawa roti yang harganya dua ribu rupiah dan air club yang di tempel dengan lebel farmasi dan  beserta scooty ori yang rasanya waw sangat luar biasa reaksinya ketika sudah minum sampe munteh munteh kata teman saya dan yang paling ngeri dan sadis yaitu kita diberi set pada setiap skesalahan yang kita lakukan selama pembinaan berlangsung baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja. Ini merupakan tantangan baru untuk saya. 

Setelah beberapa pertemuan Pra Resep ternyata saya banyak mendapatkan pelajaran yang tidak biasa dari setiap pertemuan, disini saya di ajar kebersamaan, berpikir kritis, tanggung jawab, dan satu rasa dengan teman -- teman yang lain mungkin hal baru seperti ini bisa membuat sifat saya berubah derastis, ternyata pembinaan ini membawa pelajaran dan kesan yang sangat luar biasa di kehidupan saya terutama tentang kebersamaan yang di ajarkan selalu oleh kakak oc kita meskipun set kita sudah sangat banyak karena kesalahan yang dilakukan tetapi kita tetap semangat untuk membayar set tersebut meskipun kita ceweknya selalu kasihan terhadap cowoknya karena terlalu banyak gerakan yang dilakukan.

Di Pra Resep selain pelajaran yang saya sebutkan tadi banyak juga materi yang saya dapatkan yang di bawakan oleh kakak-kakak yang sangat luar biasa. Tugas Pra Resep yang sangat berkesan yaitu pada saat kita melalukan kegiatan Pengabdian di sini saya sangat terharu betapa banyaknya orang-orang yang kurang beruntung diluar sana. Tujuan tempat pengabdian saya di yayasan rumah kanker Indonesia, disana banyak saya jumpai anak-anak yang menderita penyakit yang mematikan itu tetapi kami berusaha untuk menghibur mereka agar mereka selalu semangat untuk menjalani hidupnya walaupun ada kekurangan yang menjadi penghambat mereka. 

Saya berdoa semoga tuhan dapat menyembuhkan semua anak-anak yang tak berdosa itu dari penyakitnya. Meskipun mereka menderita penyakit yang tak biasa tetapi semangat mereka untuk mengapai cita-cita sangat kuat. Saya banyak belajar dari mereka terutama dalam hal menjalani hidup. 

Materi-materi tersebut membawa ilmu yang begitu luas untuk diri kita sendiri dari materi yang di bawakan oleh kakak-kakak saya sangat banyak mendapatkan ilmu yang baru untuk saya terapkan di kehidupan saya setelah menjadi mahasiswa.  Hari demi hari berlalu RESEP semakin dekat maba show juga semakin dekat ini merupakan puncak acara dari pembinaan yang di lakukan. Setiap hari kita berlatih untuk acara maba show kita tanpa ada kata lelah, capek, maupun bosan. kita terus semangat agar acara maba show angkatan 2017 membawa kesan yang sangat luar biasa di mata senior nantinya meskipun banyak kritikan pedas dan komentar yang begitu tajam yang dikeluarkan baik dari pelatih maupun kakak-kakak sc yang selau menilai di setiap evaluasi. 

Hari H sudah semakin sangat dekat kami siap untuk resep dan persiapan maba show suda hampir cukup100%  perasaan saya bercampur aduk antara senang, takut, gugup, ataupun sedih karena Pra Resep akan segera berakhir. Matrikulasi telah tiba banyak di antara kami jatuh artinya tidak lulus dan tidak dapat mengikuti resep karena kehadiran, sikap, dan keaktifan tetapi kami sebagai teman berusaha untuk membela mereka meskipun air mata kami bercucuran karena mereka tetapi semua itu akhirnya berbuah manis sampai akhirnya kakak coster kita kak Irfan mengizinkan semua angkatan kami mengikuti resep ternyata disnilah diliat kebersamaan kita bagaimana kita membela teman kita, dan mempertahankan mereka agar bisa berama kita dan angkatan kami diberikan lagu yang berjudul Manusia kuat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun