Mohon tunggu...
Juwita Fajar Hari
Juwita Fajar Hari Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger dan Ibu rumah tangga

Blogger Sunnah yang mencintai dunia menulis

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

5 Makanan Minang Paling "Ngangenin" bagi Perantau

6 Oktober 2022   04:45 Diperbarui: 6 Oktober 2022   04:50 109 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Bagi Perantau Minang berburu kuliner saat pulang kampung adalah hal yang membahagiakan. Jika Randang, cancang, sate Padang, Soto Padang mudah kita temukan di rantau tapi ada beberapa makanan khas Minang yang sulit sekali ditemukan dan asli "ngangenin".

Berikut 5 makanan paling Ngangenin bagi Perantau Minang:


1. Tambunsu

Tambunsu merupakan kuliner Minang yang diolah dari usus sapi. Sebelumnya, usus sapi dibersihkan kemudian diisi dengan campuran tahu dan telur yang sudah dikasih bumbu. Direbus dan siap diolah bersama kuah gulai.

Rasanya sangat enak. Kenyal dan sulit untuk berhenti menyantapnya. Jika pulang kampung menu ini sangat dicari baik di pasar tradisional, rumah makan bahkan dihidangkan saat makan bersama di rumah keluarga.

2. Gulai Itiak Lado Hijau

Kuliner satu ini memang selalu "ngangenin" terutama bagi Perantau Koto Gadang. Makanan khas dari kampung H. Agus Salim ini tidak ada duanya. Daging itik yang manis berpadu dengan sambal hijau yang pedas menggoda. Benar-benar tidak ingin berhenti makan.

Meski bisa mengolah sendiri, menu satu ini tetap ngangenin saat pulang kampung.  Sensasi menyantap beda karena langsung di kampung sendiri.

3. Nasi Kapau


Siapa yang tidak kenal dengan Nasi Kapau. Kuliner khas nagari Kapau Bukittinggi ini. Ciri khas menu-menu Nasi Kapau ini sangat kental dengan kuah santan yang banyak. Kuahnya terlihat kental dan warnanya cenderung kuning kemerahan.

Banyak sekali menu Nasi Kapau ini diantaranya rendang, tunjang, cancang, tambusu, katupek Kapau, sampadeh dan banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan