Mohon tunggu...
Juwinda Ningrum
Juwinda Ningrum Mohon Tunggu... Relawan - Relawan

Lulusan Managemen Dakwah, II suka topik dan baca buku #SelfImprovement, II (e): windelafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 tipe orang yang suka menunda-nunda. Yuk cek !!

1 September 2022   14:27 Diperbarui: 2 September 2022   12:31 164 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak terasa kita sudah memasuki bulan September, itu artinya kurang 3 bulan lagi menuju pergantian tahun.

Namun, pertanyaan yang sering kali menghantui diri kita sendiri adalah  "sudahkah resolusi - resolusimu  terlaksana hingga di bulan September ini? atau bahkan tidak ada satupun resolusimu yang terlaksana? ".

Satu alasan kenapa resolusi kita hanya jadi wacana, ternyata ada 84 % orang tidak bisa mewujudkan resolusinya dan cuma 16 % orang yang bisa mewujudkan resolusi. Penyebabnya utamanya adalah " Menunda Resolusi di wujudkan"

Setiap orang pasti memiliki impian masing masing. Namun dalam mencapai mimpi itu, sering kita berpikir untuk menunda sejenak. Di awal tahun kita sudah membuat rencana- rencana atau resolusi di tahun 2022. 

Namun, karena satu penyakit suka menunda ini menjadikan kita sulit untuk mewujudkan resolusi tersebut.

Nah, menurut ahli psikologi Dr. Boy Baumeister ada 5 tipe orang yang suka menunda, lima tipe orang yang suka menunda ini ada yang memberikan efek buruk  dari yang paling ringan hingga sampai yang paling parah. 

Yuk cek,  Kamu termasuk tipe menunda yang mana nih?

1. The Perfectionist

Tipe ini selalu ingin hasil yang Sempurna dan punya Standard yang tinggi.

Jadi mereka cenderung menunda karena " menunggu Mood baik, hari yang baik, suasana yang baik,  waktu yang paling pas atau cara paling tepat untuk mengerjakan pekerjaannya."

Contohnya : Dalam mengerjakan Tugas Kuliah, tipe perfectionist mengganggap Tugas itu harus benar-benar sempurna, saaat mengerjakan mengedit, menambahkan, mengedit lagi, menghapus, mengedit lagi, sampai seterusnya Hingga Akhirnya, mereka kehilangan mood untuk menyelesaikan tugasnya hingga waktunya  habis. 

gak ada salahnya menjadi orang yang memberikan hasil yang sempurna, tapi jika melakukan sesuatu menunggu Mood Baik ya sampai kapan? 


2. The Ostrich

Tipe ini termasuk orang yang ambisius dan punya banyak rencana besar dalam pikirannya, tipe ini memiliki keinginan ini, keinginan itu.

The ostrich hanya berada di tahap berpikr atau imajinasi saja, tipe ini hanya membayangkan nanti hasilnya kayak begini - kayak begitu, tapi Cuma sampai di situ saja, tidak ada tindakan lebih. 

Sehingga tipe ini di anggap sebagai orang yang Sering terbuai imajinasi kalau hasilnya sempurna namun sayangnya, " Tidak Ada Aksi nyata " yang di lakukan.

3. The Self Saboteur

Tipe menunda pekerjaan karena " Selalu mengira dan berasumsi bahwa apapun yang di kerjakan pasti hasilnya buruk". 

Ciri khas Tipe ini sangat Takut kegagaalan dan takut berbuat kesalahan, juga Merasa dirinya tidak kompeten untuk melakukan sesuatu. Tipe self - saboteur berpikir bahwa apapun yang di kerjakan pasti salah dan bakal merugikan orang lain.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan