Mohon tunggu...
Jusmail
Jusmail Mohon Tunggu...

Berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk sesama dan bermanfaat bagi ummat manusia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memperingati Hari Jadi Bone ke-687th di Bumi Mataram

6 Mei 2017   15:06 Diperbarui: 6 Mei 2017   18:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Memperingati Hari Jadi Bone ke-687th di Bumi Mataram
koleksi pribadi

Hari jadi Bone yang ke-687 di Kabupaten Bone telah usai diperingati, namun Forum Komunikasi Mahasiswa Bone Yogyakarta (FKMB-Y) sebagai putra-putri daerah Bugis Bone yang merantau untuk mengenyam pendidikan di Daerah Istimewah Yogyakarta tetap bersemangat dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bone yang ke-687, Forum Komunikasi Mahasiswa Bone Yogyakarta (FKMB-Y), mengadakan sebuah rangkaian kegiatan dalam tema besar “Tribute to the 687thAnniversary of Bone”. Kegiatan ini terdiri dari 3 rangkaian acara diantaranya : Bone Cup , Seminar Nasional dan Pagelaran Budaya.

Pembukaan Kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi bone ini, diselenggarakan di Wisma Sawerigading pada hari senin tanggal 17 April 2017, Dr.Mustadin Tanggala, M.Si Sebagai Dewan Penasehat FKMB-Y membuka rangkaian kegiatan berpesan, sebagai duta Kabupaten Bone di Daerah Istimewah Yogyakarta, kita harus menjaga betul perilaku, apa yang kita tampilkan dengan perilaku kita maka itulah yang orang lain bisa mendekripsikan asal muassal kita, jika kita menujukkan hal yang positif, maka tentu penilaian orang terhadap asal kita (Bone) akan bagus, sebaliknya juga demikian, begitu juga terus tingkatkan prestasi kita dalam setiap bidang khususnya akademik, karena mandat inilah yang dititipkan oleh orang tua kita sehingga kita berada di tanah jawa ini. 

Semoga dengan memperingati hari jadi Bone ke-687 kita jauh lebih memaknai lagi arti dari “assiboneang”, sekalipun di tanah rantau semangat sipammase-mase antar keturunan  Bugis Bone selalu terjaga dan semangat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan kabupaten bone.

Bone Cup yang dipertandingkan ada 2 cabang Olah Raga , diantaranya : Cabang Takraw dan Cabang Badmintion Ganda Putra-Putri. Peserta Cabang Takraw yang mengikuti lomba ada 15 Tim (Wisma Lattimojong 2 Tim, Wisma Merapi, Ikatan Pelajar Pindang, Indragili Hilir 2 Tim, Keluarga Pelajar Mahasiswa Wajo, Wisma Sawerigading 2 Tim, Ikatan Alumni DII Mangkoso, Bulukumba , Luwu, IKMAS, SIDRAP dan Tuan Rumah FKMB-Y 1 Tim), semua Tim Takraw delegasi dari masing-masing IKPMD Se-sulawesi Selatan di Yogyakarta dan ada tim undangan dari Indragiri Hilir Provinsi Riau. Lomba cabang takraw sendiri berlangsung mulai dari tanggal 17-22 April 2017 yang diselenggarakan di Lapangan Takraw Wisma Sawerigading di Jln. Sultan Agung Yogyakarta. 

Setelah melawati pertandingan yang sengit dari 15 tim yang bertarung, akhirnya tim yang masuk ke Final antara Wisma Sawerigading Vs Ikatan Pelajar Mahasiswa Pindrang, dengan penuh semangat kedua tim bertarung untuk menjadi sangjuara dalam cabang Takraw, setelah melewati pertandang yang sengit akhirnya Ikatan Pelajar Mahasiswa Pindrang menaklukkan Wisma Sawerigading.

Tepat pada tanggal 22 April 2017 mulai pukul 08.15 pagi hari dilapangan Badminton BLPT Yogyakarta, Cabang Badminton dipertandingkan dengan 25 Tim Ganda Putra dan 14 Tim Ganda Putri yang terdiri dari delegasi masing-masing IKPMD Se-Sulawesi Selatan dan Tim Undangan dari Indragili Hilir Riau (INHIL). Ganda Putra yang bertarung dalam lomba ini sangat seru karena rata-rata tim yang di delegasikan oleh masing-masing IKPMD tentu yang sudah melewati kwalifikasi yang ketat, setelah ke-25 tim Ganda Putra bertarung , tersisihkan 4 tim yang masuk ke babak semifinal diantaranya : Ikatan Alumni Darul Da’wah Wal Irsyad (IADI) VS IPMAJAYA Toraja, Forum Komunikasi Mahasiswa Bone Yogyakarta (FKMB-Y) VS INHIL. 

Babak Semifinal dilangsungkan esok harinya pada tanggal 23 april 2017 pukul 13.00 WIB dan tim yang masuk ke Final ialah IADI karena mampu menyingkirkan IPMAJAYA Toraja dan INHIL, karena telah mengalahkan FKMB-Y dan dibabak Final Perlombaan Badmintin ganda Putra dimenangkan oleh Tim Badminton IADI dan juara II INHIL.

Perlombaan Badminton Ganda Putri, berlangsung pada tanggal 23 april 2017 mulai pukul 08.15 dengan diikuti oleh 14 Tim Ganda Putri, tentu semua tim yang didelegasikan oleh masing-masing IKPMD Se-Sulawesi Selatan ini, tim yang sudah terlatih. Setelah ke 14 Tim ini bertarung dengan penuh sportivitas dan sengit , tersisih 4 tim yang masuk ke semifinal yaitu : Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Yogyakarya vs Wisma Anging Mammiri dan IPMA JAYA Toraja vs FKMB-Y.

Yang berhasil masuk ke final antara KKSS Yogyakarta dan Toraja, dalam final ini tentu kedua tim bertarung dengan sengit untuk membawa pulang piala Bone Cup 2017 Cabang Badminton Ganda Putri, akhirnya setelah melewati pertarungan yang sengit Tim Ganda Putri KKSS Yogyakarta ditaklukkan oleh Tim Ganda Putri IKAPMAJAYA Toraja, akhirnya Final Cabang olah raga ganda putri dimenangkan oleh IKAPMAJAYA Toraja.

Irsyan Bastian selaku Ketua panitia Peringatan Hari jadi Bone ke-687, diwaktu yang berbeda mengutarakan, bahwa peringatan hari jadi bone tahun 2017 ini, kami sangat bersyukur, karena berkat kerja keras teman-teman Forum Komunikasi Mahasiswa Bone Yogykarta (FKMB-Y) dan segenap peserta Bone Cup 2017 delegasi dari masing-masing IKPMD Se-Sulawesi Selatan yang telah berlomba dengan penuh sportifitas dan kekeluargaan, begitu pula terima kasih yang tidak terhingga kepada segenap keluarga besar alumni FKMB-Y yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya demi menyukseskan kegiatan ini , Besar harapan kami PEMDA Bone agar selalu mendukung setiap kegiatan yang diselenggarakan Forum Komunikasi Mahasiswa Bone Yogyakarta (FKMB-Y).

KONTEN MENARIK LAINNYA
x