Kesehatan

Mulailah Hidup Sehat dengan Hindari Makanan Ini!

5 Januari 2018   22:47 Diperbarui: 5 Januari 2018   23:07 581 0 0
Mulailah Hidup Sehat dengan Hindari Makanan Ini!
www.shutterstock.com

Bagi anda yang ingin menjalankan hidup sehat tidaklah mudah. Pada dasarnya makan yang harus dihindari adalah makanan yang enak, jelas makan yang enak yang dibuat secara instan dan diolah sedemikian rupa itu banyak melibatkan bahan kimia dapat merusak dan merugikan kesehatan pada diri anda.

Melansir dari CNNIndonesia, Memang sangat sulit untuk melepas kebiasaan hidup serba instan apalagi dengan bahan kimia dalam makanan yang tidak sehat. Soal hidup sehat memang tak mudah untuk mejalaninya maka anda harus berusaha di tahun 2018 ini untuk menjalani hidup sehat. Namun tergantung bagaimana anda mensiasatinya, dengan menjaga makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi.

Dilansir dari sumber ahli gizi memberikan informasi mengenai jenis makanan yang anda hindari. Seperti daging olahan, dimana daging ini diolah sedemikian rupa seperti halnya nugget atau sosis. Bagi anada yang belum tahu bahwa daging ayam memiliki  kolesterol yang rendah dibanding dengan daging merah. Tetapi jika anda terlalu banyak mengonsusi daging ayam maka efek yang terjadi setara dengan mengonsumsi daging merah.

Seperti yang dikatakan Rhian Stephenson dari alhi gizi dan CEO Pycle London, mengatakan bahwa daging olahan berkontribusi terhadap resistensis antibiotik dan dapat menimbulkan masalah hormone serta mengganggu insulin. Mengonsumsi daging olahan juga bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, diabetes dan juga pembengkakan.

Daging olahan memiliki banyak bahan kimia karena daging olahan akan menambah rasa dan warna daging. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kanker bila mengonsumsinya dengan rutin atau sering.

Tidak hanya itu hal ini terjadi pada minyak sayur ketika anda mulai menggoreng atau masak makanan. Ternyata minyak sayur tidaklah baik untuk tubuh dan kesehtana anda. Minyak sayur mengandung asam lemak tak jenuh ganda berupa omega 6 dan ini sangat membahayakan untuk kesehatan anda dan bisa terjadinya peradang seperti artritis, penyakit jatung, hingga asma.

Jika anda penguna minyak nabati atau margarin hal ini juga tak layak untuk dikonsumsi. Margari akan membuat lemak trans bisa masuk kedalam membran sel tubuh yang menggantikan lemak sehat yang seharusnya dibutuhkan oleh sel tubh uantuk bekerja dengan baik.

Mungkin anda bisa menggantikannya dengan minyak zaitun dan minyak kelapa yang tidak memiliki omega 6 sehingga sehat untuk dikonsumsi dan dimasak.

Hindari juga dengan gula berlebihan, gula merupakan jenis karbohidrat sederhana yang dapat menyumbang kenaikan berat badan jika anda mengonsumsi gula secara berlebihan.

Gula mengadung kalori yang sangat  tinggi, pada tubuh gula tidak dipakai dalam sel tubuh, gula hanya disimpan dalam bentuk lemak. Jika anda mengurangi konsumsi pada gula maka data mendorong tubuh dan menggunakan cadangan lemak sebagai energi dan dapat membantu anda menuruhkan berat badan.

Dr Marilyn Lenville seoran ahli gizi dan penulis buku Natural Alternatives to Sugar mengutip bahwa setiap orang baiknay mengurangi konsumsi gula dalam makanan dan minuman yang dionsumsi. Karena gula merupakan salh satu utama maslah kesehatan.

Jika anda suka membeli makanan makan biasakanlah untuk melihat table kemasan. Misalnya saat mengonsusmsi yoghurt, sebenarnya yoghurt mengsung delapan sendok the gula tamabahan.

Jika gula berlebihan tak baik begitu pula dengan garam. Garam merupakan bumbun dapur yang digunakan pada setiap memasa. Memang garam baik untuk kesehatan. Garam mempunyai sumber Nastrium (Na) yang menjadi unsur penting bagi tubuh dan berfungsi untuk keseimbangan cairan tubuh, mengirim implus saraf dan juga relaksasi otot.

Namun hal ini berubah jika anda mengonsumsinya dengan cara berlebihan, kemungkinana besar anda akan mengalami kenaikan tekanan darah dan dapat meningkatkanya penyakit jatung dan stroke. Sebaiknya anda mengomsunsi garam dengan tingkatan normalantar 5-6g/hari atau 2000-2400 mg Natrium atau kurang lebih satu sendok teh.

Yang terakhir adalah diet instat dimana hal yang serba instan selalu tidak baik untuk tubuh dan kesehatan, ini muerupakan hal buruk untuk anda. Jangan melakukan diet dengan cara mendadak hal ini sangat sulit untuk menurunkan berat badan karena tubuh tiba-tiba drastis dan metablisme pada tubuh melamabat. Maka semakin sulit menurunkan berat badan sehingga semakin bertambahny napsu makan.

Bagimana anda sudah siap mnjalankan hidup sehat di tahun 2018 ini? Maka mulailah anda meninggalkan kebiasaan buruk yang beresiko kepada kesehatan dan tubuh anda.