Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... Jurnalis - penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Hujan Mulai Turun di Jabodetabek, Ancaman El Nino Belum Berakhir

17 November 2023   16:24 Diperbarui: 17 November 2023   16:26 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi dampak El Nino | jakarta.tribunnews.com

Sebagai warga Jabodetabek, saya bersyukur  dalam minggu kedua dan memasuki ketiga ini hujan mulai turun pertanda dan berharap mudah-mudahan kemarau esktrem akibat  El Nino, setidaknya di  wilayah ini berakhir.

Di mata saya walau dampak El Nino di wilayah Jabodetabek tidak separah di daerah dan belahan lain dunia  hingga saat ini, namun sudah cukup buat ketar-ketir.

Debet air di rumah saya mengecil, tetap harus disyukuri karena El Nino di wilayah Jabodetabek lain warga sulit mendapatkan air bersih.

Jogging yang biasanya menjadi kebiasaan saya setiap hari tiga bulan terakhir menjadi jarang karena panasnya suhu dan masih ditambah polusi yang begitu tinggi menguras tenaga dan khawatirnya malah berdampak pada kesehatan.

Dalam berapa bulan kemarau ekstrem, warga Cengkareng Timur, Jakarta Barat, mengalami krisis air bersih.  Warga harus membeli air galonan untuk kebutuhan sehari-hari.  

Untuk menghemat air, ada warga yang mandi sekali sehari dan mengeluarkan biaya ekstera untuk mencuci baju dengan memakai jasa laundry.

Di Makassar seperti yang saya tulis  di Kompasiana, kekeringan tampaknya sudah berakhir. 

Seperti halnya saya, Naura Rahma warga Kompleks Perumahan Antang, Kecamatan Manggala merasa lega ketika hujan turun dalam tiga hari terakhir.

"Alhamdullilah walau dalam intensitas ringan, hanya saja guntur suaranya keras," ujar Naura ketika saya hubungi, 17 November 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi untuk sebagian besar wilayah Jabodetabek hingga akhir Minggu ketiga November ini hanya dilanda hujan ringan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun