Mohon tunggu...
Peter Jeandrie
Peter Jeandrie Mohon Tunggu... Menulis ketika ingin. Rehat ketika ingin. Mengkritik ketika diperlukan. Diam ketika mengendalikan. Seorang penulis lepas yang kadang omong kosong di dalam tulisannya. Namun kadang menyelipkan pesan tersembunyi di dalam tulisannya. Sekian.

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Program Studi Ilmu Komunikasi

2 Mei 2020   14:18 Diperbarui: 2 Mei 2020   14:17 493 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Program Studi Ilmu Komunikasi
Sumber gambar: halokampus.com

Berhubung akan memasuki tahun ajaran baru akademik, maka sudah mulai dibuka pula pendaftaran untuk mahasiswa baru. 

Saya akan berbagi informasi yang saya ketahui seputar berbagai program studi yang ada di dunia perkuliahan strata 1. Dalam artikel ini saya pertama akan berbagi informasi tentang program studi ilmu komunikasi. Harapannya melalui artikel ini nanti akan banyak yang bisa memutuskan akan masuk ke program studi apa untuk strata 1. 

Program studi ilmu komunikasi merupakan cabang ilmu humaniora. Artinya ilmu komunikasi lebih cocok bagi mereka yang sewaktu SMA mengambil jurusan IPS. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi siswa IPA ataupun SMK untuk melanjutkan studi strata 1 di program studi ilmu komunikasi. 

Ada banyak label yang disematkan kepada mahasiswa ilmu komunikasi. Beberapa diantaranya mahasiswa ilmu komunikasi sering dianggap sebagai orang yang lihai dalam berbicara. Ke sisi negatifnya, mahasiswa ilmu komunikasi sering dianggap cuma modal ngomong doang, padahal ilmj komunikasi itu sangat luas. 

Mahasiswa ilmu komunikasi juga dilabeli sebagai sosok yang berpenampilan modis. Ya, kebanyakan mahasiswa ilmu komunikasi memang memiliki tampilan yang modis. Tapi itu ada juga yang difaktori terkait konsentrasi studi yang diambilnya. Kebanyakan mahasiswa ilmj komunikasi yang memiliki penampilan profesional adalah mahasiswa dari konsentrasi studi "hubungan masyarakat" atau public relation (PR). Hal ini dikarenakan seorang PR adalah bentuk representasi dari suatu korporasi. Sedangkan sisanya memiliki penampilan yang santai, seperti mereka yang mengambil konsentrasi "periklanan" ataupun "jurnalisme".

Di kampus saya, yang paling santai adalah kami yang mengambil konsentrasi "kajian media". Kami?, ya karena saya adalah mahasiswa ilmu komunikasi yang mengambil konsentrasi studi kajian media. Mahasiswa kajian media sering memiliki penampilan yang minimalis, ke kampus biasanya memakai kaos oblong, dan serba hitam. Sehingga di kampus saya sangat terlihat siapa mahasiswa kajian media. Karena memang yang mengambil konsentrasi studi kajian media juga sangat sedikit. 

Ada beberapa konsentrasi studi di program studi ilmu komunikasi, seperti PR, periklanan, pemasaran, jurnalisme, kajian media, perpustakaan, dan lain-lain. 

Kalau nanti kamu kuliah di program studi ilmu komunikasi, kamu akan menemukan sejumlah mata kuliah yang sangat menyenangkan dan menantang. Di antaranya Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Metodologi Penelitian Komunikasi, Public Speaking, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Lintas Budaya, Humas Korporat, Produksi Iklan, Reportase Investigasi, Analisis Isi & Framing, Analisis Sosial, Seminar, Ekonomi Poltik Komunikasi, Teknologi Komunikasi & Informasi, Komunikasi Politik, Demokrasi Digital, Media Sosial, hingga Penulisan Ilmiah.

Beberapa mata kuliah di atas adalah beberapa mata kuliah wajib. Ada juga sejumlah mata kuliah pilihan yang menarik. Di antaranya Fotografi, Sinematografi, Penulisan Naskah Jurnalistik/Digital/Iklan, Hubungan Pemerintah/Karyawan/Investor/Komunitas, Manajemen Krisis, Resolusi Konflik, Film & Sinema, Semiotika, Komunikasi Bencana/Kesehatan, dan masih banyak lagi. 

Ada beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang diperuntukkan bagi mahasiswa ilmu komunikasi, seperti kelompok profesi PR, agensi iklan, jurnalistik media cetak, radio, analisis, dan pertelevisian/broadcasting. 

Lulusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang beragam. Tidak melulu lulusan ilmu komunikasi bekerja di media televisi. Lulusan ilmu komunikasi dapat kerja di media cetak, radio, komunitas, LSM, PR perusahaan, agensi PR, agensi periklanan, HDR, pemerintahan, dan masih banyak lagi. Hal ini karena di program studi ilmu komunikasi kalian akan mempelajari ilmu yang multidisipliner. Tidak hanya komunikasi saja, tetapi dari ilmu humaniora lainnya. 

VIDEO PILIHAN