Mohon tunggu...
Petra JD
Petra JD Mohon Tunggu... Menulis ketika ingin. Rehat ketika ingin. Mengkritik ketika diperlukan. Diam ketika mengendalikan. Seorang penulis lepas yang kadang omong kosong di dalam tulisannya. Namun kadang menyelipkan pesan tersembunyi di dalam tulisannya. Sekian.

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Menjauh dari Kelesuan Kerja Setelah Libur

11 Juni 2019   02:06 Diperbarui: 11 Juni 2019   02:12 0 3 0 Mohon Tunggu...
Menjauh dari Kelesuan Kerja Setelah Libur
kitamuda.id

Menjelang libur akan sangat bersemangat. Menjelang kembali rutinitas kerja sudah mulai merasa lemas lagi. 

Kembali pada rutinitas kerja setelah melalui libur yang panjang sudah umum kita melihat atau bahkan merasakan kelesuan. Kajian ilmu sosial memahami situasi ini. Libur panjang membuat rantai kerja yang biasanya dilakukan hampir tiap hari menjadi kendur. Ketika harus dihadapkan kembali untuk kembali bergerak, pasti ada bagian dari rantai yang kaku. 

Jika anda anda kehilangan semangat kerja pasca-libur lebaran, tenang saja, anda bukan satu-satunya yang merasakan hal ini. Hampir setiap orang merasakan kelesuan kerja seperti ini. 

Lantas adakah cara mengembalikan semangat produktif kerja pasca-libur lebaran?
Selalu ada!

Setiap orang punya cara sendiri dalam memunculkan kembali semangat untuk kembali bekerja setelah libur yang panjang. 

Bagi para penggila kerja (workaholic) kembali bekerja setelah libur yang panjang bukanlah suatu kesusahan untuk mengembalikan produktivitas kerja. Karena pada dasarnya mereka memang suka bekerja. Namun beda hal dengan mereka yang bukan workaholic, rasa malas masih menempel. 

Cobalah untuk membangun kesadaran jenuhnya libur panjang, karena selama libur tidak banyak melakukan kegiatan berpikir (kerja). Umumnya libur yang panjang juga melelahkan, karena tubuh dan otak cemderung terasa pasif. Ada kerinduan untuk aktif lagi. Cara ini biasanya muncul secara alami. 

Cara berikutnya bisa dikatakan agak munafik, tapi ini profesional. Cobalah berpikir untuk membangun jenjang karir. Dengan menunjukan kinerja yang bagus ketika kembali bekerja setelah libur yang panjang, kita akan dinilai memiliki etos kerja dan sikap profesional yang bagus oleh atasan. Sehingga kita akan lebih besar kemungkinan untuk mendapat promosi kenaikan jabatan. 

Setidaknya dua hal itu yang dapat saya bagikan untuk memacu semangat kerja pasca-libur lebaran ini. Semoga bermanfaat.