Mohon tunggu...
June
June Mohon Tunggu... Freelancer - nggak banyak yang tahu, tapi ya nulis aja

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Solusi untuk "Back-Up" Data yang Kerap Hilang

27 Maret 2018   13:22 Diperbarui: 27 Maret 2018   13:24 894
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: Anderson Technologies

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) turut membawa kemudahan bagi masyarakat. Kemajuan teknologi menimbulkan efek determinasi teknologi. Apa itu determinasi teknologi?

Determinasi Teknologi merupakan teori yang dicetus oleh McLuhan, yang menjelaskan bahwa perubahan dan perkembangan teknologi memberikan pengaruh pada masyarakat. Masyarakat dalam sejalannya perkembangan teknologi yang terus melahirkan inovasi-inovasi beradaptasi dengannya. Pola konsumsi dan transaksi masyarakat berubah mengikuti perubahan dan perkembangan ini.

Salah satunya adalah pengelolaan data. Sebelum perkembangan teknologi menyentuh bidang data dan pengarsipan, kita masih memakai data-data dalam dokumen fisik (print). Namun, determinasi teknologi berimplikasi terhadap bidang ini. Kini kita sangat akrab dengan data-data dalam format digital.

Data digital terbilang lebih mudah pengelolaannya ketimbang data fisik. Pencarian dan pengolahannya lebih cepat, serta meniadakan tambahan ruang fisik sebagai penyimpanan data fisik yang tradisional.

Namun, data digital punya kelemahan yang cukup riskan seiring perkembangan teknologi, di mana ada saja aktor yang membuat virus yang dapat menyerang data digital ini. Kehilangan data digital sering dialami oleh kita.

Saya sendiri pernah mengalami masalah ini. Artikel yang telah saya buat untuk penugasan pembuatan buku mengenai film di Indonesia, hilang karena terserang virus yang berasal dari komputer. Padahal pada hari itu artikel saya itu akan diserahkan ke editor. Malangnya, saya tidak punya back up datanya.

Saya juga pernah kehilangan data tugas yang pernah saya kerjakan dulu. Ketika saya hendak memakai tulisan tersebut untuk menjadi bahan rujukan tulisan terbaru, saya tidak dapat menemukan data tersebut, alias HILANG. Alhasil, saya harus mencari referensi ulang membuat prosesnya lebih lama.

Kejadian yang tidak mengenakan tersebut menjadi evaluasi bagi saya dalam pengelolaan dan pengarsipan data digital saya.

Tiap tugas dan progres tugas saya back up ke berbagai macam media oenyimpanan, baik online maupun offline. Biasanya saya back up ke onedrive, google drive, e-mail, hard drive external, serta hard drive internal.

Nah, dengan berbagai inovasi penyimpan data digital oleh sejumlah vendor, salah satunya adalah Sandisk yang mengeluarkan dua produk barunya, yakni Sandisk iXpand Base dan Sandisk Ultra Dual Drive m3.0

Dua produk ini merupakan solusi back up data yang kalau boleh saya bilang sangat mudah, cepat dan praktis. Sandisk iXpand Base kompatibel untuk pengguna dengan sistem operasi IOS, sedangkan Sandisk Ultra Dual Drive m3.0 kompatibel untuk pengguna dengan sistem operasi si robot lucu, Android.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun