Mohon tunggu...
Junita Saragi
Junita Saragi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Jember asal Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tim KM3 SD Negeri 091355 Urung Panei bersama Kembangkan Potensi Sekolah

9 Agustus 2022   19:43 Diperbarui: 9 Agustus 2022   20:00 129 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Merdeka belajar merupakan salah satu terobosan dari menteri Pendidikan untuk penyetaraan Pendidikan dari sabang sampai dengan merauke, yaitu melalui program Kampus Mengajar. 

Kampus mengajar merupakan program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut membantu guru dan sekolah dalam mengajar siswa SD dan SMP.

Mahasiswa yang mengikuti program ini juga akan mendapatkan pengalaman belajar di kampus. Pengalaman yang didapatkan akan lebih luas karena selain mendapatkan ilmu dari kampus juga memndapatkan ilmu dari tempat penugasan khususnya dalam kehidupan sosial.

Program kampus mengajar ini telah berkelanjutan, yang awalnya dimulai dari kampus mengajar perintis kemudian dilanjutkan dengan Kampus Mengajar Angkatan 1 dan saat ini memasuki Angkatan 3. Kampus Mengajar Angkatan 3 berjalan selama 5 bulan masa penugasan, dimulai dari pembekalan, penerjunan, dan penugasan.

Lama waktu penugasan Kampus Mengajar 3 berbeda dengan program pengabdian lainnya. Waktu yang cukup Panjang memungkinkan mahasiswa untuk memberikan banyak solusi dari kendala-kendala di sekolah. SD Negeri 091355 Urung Panei merupakan salah satu sekolah tempat penugasan KM3, sekolah ini  berlokasi di Desa Urung Panei Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. 

Jumlah mahasiswa yang di tugaskan di sekolah ini ada 5 orang, yaitu Askima Sinaga ( Universita HKBP Nomensen Medan), Junita Saragi (Universitas Jember), Nova Sitio (Universitas Katolik Santo Thomas Medan), Swaty Lumbanraja (Universita HKBP Nomensen Medan), dan Yuni Saragih (Universitas Prima Indonesia) dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yaitu Bpk. Wanri Lumbanraja, S.Si., M.Sc (STIKes Senior Medan).  SD Negeri 091355 Urung Panei memiliki akreditasi C, dan membutuhkan bantuan dari luar untuk membawa kemajuan.

Penempatan mahasiswa KM3 di SD Negeri 091355 merupakaran sasaran yang tepat dikarenakam sekolah membutuhkan tambahan tenaga pengajar dan bantuan untuk peningkatan literasi dan numerasi. Sekolah juga membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kembali semangat belajar siswa setelah 1,5 tahun melalui pandemic covid-19. 

Tujuan utama pada KM3 ini adalah memberikan bantuan mengajar, membantu adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah.

Pada masa awal penugasan tim kami menyusun beberapa program kerja yang akan dilaksanakan selama penugasan di sekolah. Penyusunan program kerja dilakukan berdasarkan hasil observasi, salah satu hasil observasi yang kami dapatkan adalah banyak siswa yang berbakat dalam menari. 

Suku Simalungun memang dikenala dengan memiliki beragam tarian. SD Urung Panei sebelumnya belum pernah mengadakan sebuah kegiatan untuk menampilkan potensi yang dimiliki oleh sekolah, salah satunya adalah kemampuan menari tadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan