Mohon tunggu...
Juniffer Cristin
Juniffer Cristin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hallo :) Selamat Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Prinsip-Prinsip yang Perlu Kita Pelajari dalam Menulis Digital

15 September 2021   00:57 Diperbarui: 15 September 2021   01:10 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
source: remixingcollegeenglish.wordpress.com

Prinsip-prinsip dalam menulis digital merupakan hal lain yang juga penting untuk kita perhatikan saat melakukan penulisan digital, agar tulisan kita menjadi tulisan digital yang baik dan benar. 

Setelah mengetahui pentingnya menulis digital, kita mungkin akan timbul keinginan dalam diri kita untuk mulai menulis. Dimulai dari platform seperti twitter, instagram, facebook, hingga mungkin sampai kepada tahap menulis artikel atau berita online. Tidak ada salahnya untuk kita mulai menulis digital. 

Menulis digital sebenarnya merupakan hal yang gampang untuk kita lakukan, dengan kita menulis di platform digital seperti sosial media, kita sudah mulai melakukan penulisan digital. Tetapi, apa yang kita tulis di sosial media itu tidak serta merta membuat kita menjadi seorang penulis. 

Sama seperti penulis buku, novel, atau bahkan koran, dalam menulis digital pun diperlukan standar-standar yang harus kita perhatikan, yang kemudian bisa menjadikan tulisan kita menjadi tulisan yang baik dan benar. Standar tersebut kerap kali dinamakan prinsip dalam menulis digital.

Di bawah ini adalah beberapa prinsip penulisan digital yang harus kita perhatikan, agar dapat melakukan penulisan digital yang baik dan benar menurut Carrol (2010) dalam bukunya yang berjudul "Writing For Digital Media";

  1. Be Brief

Dalam menulis pesan yang disampaikan harus jelas dan ringkas, sehingga tidak bertele-tele dan membuat pembaca kehilangan minat untuk membaca. Kebanyakan pembaca online lebih suka membaca langsung ke inti tulisan daripada bertele-tele.

  1. Be Precise

Kata atau kalimat yang hendak kita tulis harus mengandung makna sesungguhnya, bukan makna kiasan, apalagi kalimat yang ambigu. Hal ini juga akan memudahkan pembaca memahami tulisan.

  1. Be Active

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan