Mohon tunggu...
Elen Pakpahan
Elen Pakpahan Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia SD Candle Tree Serpong

belajar mengajar, menulis dengan optimis, bercerita dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tulisan Tangan Kita Unik

7 Desember 2022   13:31 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:53 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi, Tulisan Katie

Setiap orang memiliki tulisan tangan yang unik. Ada tulisan tangan yang biasa saja, tapi terlihat rapi, sehingga mudah dibaca. Ada juga tulisan tangan yang memiliki banyak lekukan, kelihatannya rapi, tapi sulit dibaca. Bagaimana tulisan tangan kita? Apakah sederhana atau banyak lekukannya?

Memiliki tulisan tangan yang indah adalah sebuah karunia. Ada orang yang mengais rezeki dan mendapatkan penghasilan dari keunikan tulisan tangannya sendiri. Sebut saja penulis ijazah. Menulis ijazah tidak semudah yang dibayangkan. Ijazah harus ditulis dengan tulisan tangan yang baik, jelas, rapi, benar, dan bersih. Ijazah harus ditulis dengan tulisan tangan agar ijazah tersebut terjamin keasliannya.  Hal ini untuk menghindari pemalsuan ijazah jika menggunakan komputer.

Saya pernah mendengar, ada orang yang bilang beberapa tulisan tangan dokter cenderung tidak rapi. Kita bisa tahu saat mereka menuliskan jenis penyakit dan resep obat pasiennya. Uniknya, para perawat mampu membaca tulisan tangan itu dan memberikan obat sesuai dengan resep yang tertulis. Ternyata banyak orang yang mampu membaca berbagai tulisan tangan bahkan yang terlihat seperti tidak terbaca sekalipun.

Ilmu tentang tulisan tangan disebut grafologi. Menurut wikipedia, grafologi adalah tentang analisis pola tulisan tangan yang dapat mengidentifikasi kondisi psikologis maupun karakter dari seseorang. Dalam grafologi, dipercaya bahwa setiap goresan, spasi, sampai gaya penulisan seseorang bisa menunjukkan kepribadian orang tersebut. Ada jenis tulisan tangan seperti rumput, bulat-bulat, kecil dan rapat, besar-besar berjarak, dan lain sebagainya.

Beberapa tokoh terkenal memiliki tulisan tangan yang unik, seperti: Albert Einstein, Abraham Lincoln, Leonardo da Vinci, bahkan Sukarno, Presiden pertama Indonesia. Terlepas dari bagus atau buruknya tulisan tangan mereka, kecerdasannya tidak perlu diragukan lagi, ya.

Sebagai seorang guru, saya percaya bahwa tulisan tangan dapat menggambarkan pribadi seorang murid. Misalnya saat menulis jawaban pertanyaan dari soal-soal pelajaran, apakah tulisan tangannya bisa dibaca atau tidak? Kata-kata yang digunakan mudah dimengerti atau tidak? Ada beberapa jenis tulisan tangan murid mudah sekali dibaca karena rapi dan teratur, tetapi ada juga yang sulit dibaca, mungkin karena ukurannya kecil sekali, tidak rapi, atau acak-acakan. Tetapi, tulisan tangan tidak selalu dapat menggambarkan kecerdasan seorang siswa. Beberapa orang tergantung pada mood, situasi, dan kondisinya. Terkadang tulisan bisa jelek, bisa juga bagus. Bisa juga sedang merasa malas menulis. Bahkah ada juga yang tergantung pulpen yang dipakai. Hahaha...

Jadi, selagi anak-anak kita masih duduk di bangku sekolah dasar, sebaiknya sering-seringlah kita ajak mereka untuk menulis. Kebiasaan itu pasti akan memengaruhi bagus tidaknya tulisan tangan mereka. Biarkan mereka melatih kemampuan koordinasi antara tangan dan mata ataupun motorik halus yang dimiliki. Jika baik kemampuan tersebut, akan baik juga tulisan tangan mereka, begitu pula sebaliknya.

Percayalah, setiap tulisan tangan kita unik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun