Mohon tunggu...
Jumari Haryadi Kohar
Jumari Haryadi Kohar Mohon Tunggu... Penulis, trainer, dan motivator

Jumari Haryadi atau biasa disebut J.Haryadi adalah seorang penulis, trainer kepenulisan, dan juga seorang motivator. Pria berdarah Kediri (Jawa Timur) dan Baturaja (Sumatera Selatan) ini memiliki hobi membaca, menulis, fotografi, dan traveling. Suami dari R.Yanty Heryanty ini memilih profesi sebagai penulis karena menulis adalah passion-nya. Bagi J.Haryadi, menulis sudah menyatu dalam jiwanya. Sehari saja tidak menulis, maka dirinya akan merasa ada sesuatu yang tidak lengkap. Oleh sebab itu pria berpostur tinggi 178 Cm ini akan selalu berusaha menulis setiap hari untuk memenuhi nutrisi jiwanya yang haus terhadap ilmu. Dunia menulis sudah dirintisnya secara profesional sejak 2007. Meskipun relatif belum lama, tetapi J.Haryadi sudah berhasil menerbitkan puluhan buku dan ratusan artikel buah karyanya. Selain itu, ayah empat anak ini pun sering membantu kliennya menulis buku, baik sebagai editor, co-writer, maupun sebagai ghostwriter. Jika Anda butuh jasa profesionalnya dihidang kepenulisan, bisa menghubunginya melalui HP/WA: 0852-1726-0169 No GoPay: +6285217260169

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mainan Kapal-kapalan Ternyata Masih Ada

16 Agustus 2019   17:01 Diperbarui: 16 Agustus 2019   17:02 150 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mainan Kapal-kapalan Ternyata Masih Ada
Mainan Kaal-Kapalan (Sumber: Koleksi Pribadi)

Masa anak-anak adalah momen yang paling indah. Betapa tidak, diusia tersebut kita tidak perlu memikirkan hal-hal yang berat dan rumit, karena hal tersebut sudah menjadi tugas orang tua. Bagian anak-anak adalah belajar dan bermain.

Zaman sekarang, beda sekali dengan era 80-an. Saat itu masih belum modern. Semuanya serba terbatas dan sederhana. Begitu pula dengan permainan anak-anak, masih tradisional.

Permainan anak sekarang ini umumnya sudah menggunakan mesin dan listrik. Bahkan, tidak sedikit mainan yang sudah otomatis dengan menggunakan remote control, sedangkan era 80-an masih manual. Oleh sebab itu, perlu kerja keras dan kreativitas untuk bisa menciptakan sebuah mainan yang bagus pada zaman itu.

Salah satu mainan yang banyak digemari anak-anak era 80-an adalah kapal-kapalan. Mainan yang terbuat dari alumunium ini - biasanya terbuat dari kaleng bekas - banyak dijual oleh para pedagang keliling. Mereka berjalan kaki menelusuri kampung sambil memanggul barang dagangannya. Jika ada kerumunan anak-anak, mereka berhenti, lalu mendemontrasikan mainan tersebut.

Sederetan Mainan 'Kapal Klotok' yang Siap Jual (Sumber: Koleksi Pribadi)
Sederetan Mainan 'Kapal Klotok' yang Siap Jual (Sumber: Koleksi Pribadi)

Setiap daerah biasanya memiliki julukan tersendiri terhadap mainan ini. Ada orang yang menamakannya 'kapal klotok', tetapi ada juga orang yang menyebutnya 'kapal otok-otok' karena bunyinya persis seperti kapal klotok yang biasa dipakai oleh nelayan tradisional kita.

Bentuk mainan kapal klotok ini sederhana, menyerupai kapal perang. Pada bagian tengahnya terdapat sosok tentara memakai helm yang sedang sedang bersiap-siap menembakkan senjatanya. Persis di bagian depan, ada dua moncong senjata menghadap ke atas. Bagian belakangnya terdapat bendera merah putih sebagai simbol Indonesia. Ketika kapal-kapalan ini dijalankan, ada bunyi 'tok-tok-tok-tok', sehingga kesannya seolah-olah tentara tersebut sedang menembakkan senjatanya.

Bentuk Mainan 'Kapal Klotok' Seperti Kapal Perang (Sumber: Koleksi Pribadi) 
Bentuk Mainan 'Kapal Klotok' Seperti Kapal Perang (Sumber: Koleksi Pribadi) 

Semula saya kira permainan kapal-kapalan ini sudah punah, ternyata keliru. Ketika saya sedang mengantar istri berbelanja ke Pasar Antri ,Cimahi, saya menemukan seorang pedagang yang sedang menjual mainan ini. Lelaki paruh baya tesebut duduk di antara para pedagang buah-buahan. Sederet kapal-kapalan berjajar rapi dipajang di atas tempat yang sederhana. Sementara itu pada bagian lain terlihat sebuah mainan kapal klotok sedang berjalan mengelilingi tepian baskom yang berisi air.

Demontrasi Mainan 'Kapal Klotok' di Dalam Baskom Berisi Air (Sumber: Koleksi Pribadi)
Demontrasi Mainan 'Kapal Klotok' di Dalam Baskom Berisi Air (Sumber: Koleksi Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN