Mohon tunggu...
Jumadi
Jumadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Raih Pendanaan PKM Kemendikbudristek, Mahasiswa Geografi UM Kembangkan Media Pembelajaran Mitigasi Bencana

25 Agustus 2021   09:47 Diperbarui: 25 Agustus 2021   11:28 138 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Raih Pendanaan PKM Kemendikbudristek, Mahasiswa Geografi UM Kembangkan Media Pembelajaran Mitigasi Bencana
Boneka Karakter Terra | Dok. Pribadi

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program atau agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk mewadahi ide-ide kreatif dari mahasiswa Indonesia. Tidak heran jika program ini memiliki daya tarik tersendiri di kalangan mahasiswa Indonesia. 

Apalagi tahapan seleksi yang ketat semakin menambah nuansa persaingan ide dan gagasan kreatif mahasiswa Indonesia. Dari puluhan ribu proposal yang masuk, hanya ide dan gagasan paling kreatif dan mematuhi syarat administrasi yang akan didanai.

Pada tahun ini Tim PKM-K Terra Vulca yang terdiri dari Jumadi (Geografi, 2018), Frandika Haris Nando (Geografi, 2018), Margareta Susanti (Akuntansi, 2019), Pertiwi Pujiyati Nur Anisa (DKV, 2019) dan Hafizh Putra Wedyapratama (DKV, 2019) berkesempatan meramaikan persaingan ide dan gagasan PKM bidang kewirausahaan. 

Tim yang dibimbing oleh Ibu Nailul Insani, S.Pd., M.Sc mengusung media pembelajaran mitigasi bencana berbasis Augmented Reality yang diperuntukkan untuk anak usia 4-6 tahun.

Latar belakang pengambilan tema ini mengingat kondisi wilayah Kabupaten Malang yang rawan terjadi bencana alam. Selain itu, data BNPB menunjukkan angka korban bencana yang tinggi pada anak. kemudian, juga untuk meminimalkan adanya gangguan psikologis anak yang menjadi korban bencana.

Produk kewirausahaan PKM-K Terra Vulca berupa Boneka karakter hewan. Karakter Terra diperankan oleh Kucing dengan penjelasan mitigasi bencana gempa bumi dan Vulca diperankan oleh burung Kutilang dengan penjelasan mitigasi bencana gunung meletus.

Boneka ini dilengkapi dengan fakta unik hewan sebelum terjadinya bencana dan tahapan dalam mitigasi bencana yang terintegrasi dengan Augmented Reality. Boneka ini nantinya juga dilengkapi dengan e-book untuk memudahkan user (guru atau orang tua) menggunakannya. 

Produk boneka ini dibanderol dengan harga yang terjangkau yaitu 75 ribu rupiah. Setiap pembelian Boneka Karakter Terra Vulca akan mendapatkan mercandhise menarik dan tentunya pengetahuan yang tidak ternilai.

Harapannya, produk Boneka Karakter Terra Vulca dapat menjadi salah satu media pembelajaran mitigasi bencana yang disukai oleh anak-anak. Disamping menjadi produk usaha yang berorientasi pada profit, juga menjadi produk usaha yang mendukung kebijakan pemerintah dalam perlindungan anak pada kejadian bencana. 

Hal tersebut tertuang di dalam UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak dan Peraturan Pemerintah No. 59 tahun 2019 tentang Koordinasi Perlindungan Anak.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan