Kesehatan

Muka Berbentuk Pantat?

24 September 2017   22:17 Diperbarui: 24 September 2017   22:31 734 0 0

Pada zaman yang sudah modern seperti ini, penampilan merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian bagi semua orang. Orang pasti ingin tampil menarik di depan umum sehingga dinilai menawan bagi orang lain. Dengan penampilan yang sekarang menjadi daya tarik, orang yang memiliki penampilan kurang menarik mencari cara agar bisa tampil menarik dan salah satunya adalah dengan melakukan operasi plastik. Operasi plastik juga biasa dilakukan kepada orang yang biasanya memiliki kecacatan fisik yang disebabkan oleh sebuah kecelakaan atau memang sudah bawaan dari lahir. Oleh sebab itu operasi plastik sudah menjadi pilihan yang paling sering dipilih jika ingin memperbaiki penampilan secara permanen.

Operasi plastik adalah suatu cabang ilmu kedokteran yang bertujuan merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran. Bedah plastik, berasal dari Bahasa yunani, yaitu "plastikos" yang berarti membentuk atau memberi bentuk. Ilmu ini sendiri merupakan cabang dari ilmu bedah yang bertujuan untuk mengembalikan bentuk dari fungsi yang normal dan menyempurnakan bentuk dengan proporsi yang lebih baik. Jenis bedah plastik secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk kosmetik (Estetik). Jaringan ikat digunakan untuk struktur dan untuk menopang tubuh. Jenis jaringan mengandung kedua elemen hidup, seperti sel - sel, dan unsur - unsur non - hidup, seperti garam dan gas. Kategori ini jaringan manusia termasuk bagian tubuh seperti tendon, tulang, dan ligamen. Darah juga dianggap sebagai jaringan ikat. Hal ini sebagian karena salah satu peran utama dari darah mengangkut nutrisi dan barang - barang lain di seluruh tubuh. Kelompok ini jaringan sering dicatat untuk karakteristik berserat. Salah satu serat yang paling umum adalah kolagen, yang antara lain menambah kekuatan jaringan. Kelompok ini jaringan manusia juga menyediakan tingkat perlindungan dengan menempati ruang yang seharusnya dapat kekosongan antara organ dan jaringan. Jaringan manusia epitelium terdiri dari sel padat multi - sisi yang berfungsi sebagai perlindungan untuk interior dan eksterior tubuh. Beberapa jenis jaringan manusia seluruhnya internal. Namun, salah satu jaringan epitel yang paling dikenal adalah lapisan luar seseorang kulit. Jaringan epitel juga bertindak sebagai lapisan, seperti yang ditemukan di dalam mulut, paru - paru, dan perut. Jenis jaringan yang sering disebut sebagai jaringan pelindung. Selain mencakup tubuh manusia dan lapisan berbagai organ, jaringan epitel membantu organ terpisah dan membuat mereka dalam posisi yang tepat. Itu membuat sistem endokrin, yang bertanggung jawab untuk produksi hormon, dan sistem eksokrin, yang bertanggung jawab untuk melepaskan item dari tubuh seperti keringat. Jaringan otot adalah kelompok yang otot manusia miliki. Kelompok ini jaringan umumnya ditandai dengan kemampuannya untuk berkontraksi. Hal ini dipuji karena memungkinkan gerakan. Gerakan ini tidak hanya terbatas pada tungkai dan sendi. Jaringan otot juga memungkinkan makanan dan darah yang akan diangkut ke seluruh tubuh. Kelompok jaringan manusia umumnya dibagi menjadi tiga subkategori: otot polos, otot jantung, dan otot rangka. Jaringan saraf digunakan untuk mengontrol tubuh manusia. Ada tiga komponen utama dari kelompok jaringan: otak, saraf, dan sumsum tulang belakang. Ketiga komponen bekerja sama karena saraf dapat menghasilkan dan melakukan sinyal listrik. Sum - sum tulang belakang bertindak sebagai rute untuk saraf untuk melakukan perjalanan sehingga pesan listrik dapat mengalir ke dan dari otak, yang merupakan pusat kendali tubuh.

Alasan mengapa saya memilih judul tersebut adalah karena pada artikel ini saya akan membahas mengapa pada sebagian besar operasi plastik di wajah menggunakan jaringan pantat. Menurut teori teori diatas mengenai jaringan dan operasi plastik, kita bisa mengetahui bahwa pantat memiliki seluruh jaringan diatas seperti jaringan ikat, saraf, otot dan epitel. Operasi plastik didunia kedokteran selain menggunakan silicon sebagai implan, biasanya juga menggunakan sel dari jaringan pantat untuk menggantikan silicon sebagai implan. Biasanya sel yang diambil dari bokong (pantat) adalah sel yang berasal dari jaringan ikat. Hal ini disebabkan karena jaringan ikat yang bisa mengikat jaringan yang lain yang berada dibawahnya. Jaringan pengikat juga dari namanya kita bisa tau bahwa ini merupakan jaringan yang mengikat atau menjadi penyokong jaringan yang lainnya. Alasan mengapa bokong yang sering digunakan sebagai pengganti silicon untuk operasi plastik karena bokong digunakan untuk melindungi tulang yang berada dibelakangnya dan beberapa organ -- organ yang berada dibawahnya sehingga bokong pasti memiliki bentuk yang besar dan tebal sehingga bokong dapat memiliki tekstur yang empuk dan kenyal. Dengan memiliki bentuk yang besar dan tebal pastilah bokong memiliki jaringan yang lebih banyak juga dibanding yang lainnya. Hal inilah menyebabkan bokong memiliki jaringan pengikat paling banyak dibanding bagian tubuh yang lainnya. Karena memiliki banyak jaringan jika diambil dan digunakan sebagai implan pastilah tidak akan menimbulkan masalah yang berlebih. Kita juga bisa lebih enjoy karena orang -- orang tidak bisa melihat bokong kita yang mengecil karena bagian yang telah diambil. Tidak seperti bagian tubuh tangan atau yang lainnya yang biasanya terlihat oleh orang, kita akan merasa malu karena memiliki bagian yang agak masuk kedalam karena diambil untuk implant. Sedangkan jika di bagian perut, sebagian besar jaringan penyusun perut adalah jaringan otot. Sehingga jika jaringan ikat yang ada pada bokong diambil tidak akan berpengaruh besar bagi bokong tersebut.

Selain itu pada bokong memiliki banyak lemak yang menumpuk. Lemak memiliki tekstur yang lentur, sehingga akan lebih mudah untuk mengikuti lekukan yang ada pada wajah karena banyaknya lemak yang berada di bokong serta di jaringan pengikat tersebut. Seperti yang telah dibahas, jaringan yang ada pada pantat kebanyakan adalah jaringan ikat dan populasi jaringan ikat lebih sering menyebar di dalam matriks dan pada umumnya matriks terdiri atas jaringan-jaringan serabut, seperti serabut kolagen, serabut elastin, dan serabut retikuler. Pertama, serabut kolagen memiliki ciri daya regang yang tinggi tetapi memiliki tingkat elastisitas yang rendah dan serabut kolagen sendiri terbuat dari protein kolagen, oleh karena itu, bisa dijumpai juga banyak di supermarket - supermarket yang menjual obat perawatan muka yang kebanyakan mengandung kolagen, maka bisa dilihat bahwa kolagen memang memiliki fungsi dalam perawatan kulit, lalu ada juga serabut elastin, serabut elastin memiliki ciri daya elastisitasnya tinggi, tetapi daya elastisitasnya akan terus berkurang seiring berjalannya usia, maka semakin tua orang tersebut, maka semakin kecil pula tingkat elastisitasnya, lalu yang terakhir adalah serabut retikuler, ini memiliki sifat dan ciri yang hampir sama dengan serbaut kolagen hanya saja serabut ini memiliki ukuran yang lebih pendek. Dan dari penjelasan diatas sudah bisa dilihat bahwa jaringan pantat biasa dipakai untuk operasi karena memiliki tekstur yang fleksibel dan elastisitas yang tinggi, dan karena itu pasti lebih mudah dibentuk.

Operasi plastik sebenarnya tidak hanya bisa menggunakan jaringan pengikat melainkan bisa juga menggunakan jaringan epitel ataupun otot, namun sangat jarang sekali digunakan karena jika melakukan operasi plastik, kita perlu menambahkan ataupun menyempurnakan suatu daerah atau bagian tubuh dengan menambahkan sesuatu yang dapat mengikat dengan baik sehingga tidak akan kendor ataupun terlepas. Dan jaringan yang paling baik dalam mengikat jaringan lain tidak lain dan tidak bukan adalah jariangan pengikat. Kita bisa juga menggunakan jaringan yang berada di paha karena memiliki struktur yang sama, tetapi itu memungkinkan mengganggu pergerakan. Selain itu, bagi beberapa wanita yang senang menggunakan celana pendek akan merasa malu karena adanya luka ataupun tonjolan kedalam yang dapat mengurangi rasa percaya diri saat menggunakan celana pendek. Jaringan pada pantat juga memiliki jaringan epitel yang cukup banyak karena pantat biasanya digunakan untuk duduk dan jaringan epitel berfungsi untuk melindungi jaringan lainnya dengan menahan beban tubuh manusia. Jaringan epitel memiliki kemampuan regenerasi yang cukup tinggi, sedangkan di pantat memiliki banyak jaringan epitel. Jadi regenerasi pantat bisa dibilang cukup cepat jika diambil jaringannya. Jadi kita tidak perlu khawatir kehilangan pantat kita karena pantat kita dapat beregenerasi dengan cukup cepat yang disebabkan oleh banyaknya jaringana epitel yang berada pada pantat. Selain itu alasan pantat sering digunakan sebagai pengganti silicon dalam operasi plastik adalah karena bahayanya zat kimia yang akan ditanamkan dalam tubuh kita. Zat kimia akan lebih memiliki resiko yang cukup tinggi untuk gagal atau membuat keadaan tubuh kita menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Kulit kita dan tubuh kita bisa menolak zat kimia yang telah ditanamkan pada kulit kita. Jika menolak, hasilnya akan mengerikan dan dapat menyebabkan kanker. Karena tubuh kita tidak cocok dengan zat kimia tersebut, tubuh kita akan menolak zat kimia tersebut. Tubuh kita menganggap zat kimia tersebut sebagai benda asing yang menempel pada tubuh dan bagian tubuh yang ditanamkan zat kimia tersebut mungkin akan mencoba menghapuskan zat kimia tersebut dengan menyerangnya. Tetapi karena zat kimia tersebut telah menyatu dengan tubuh kita dan telah bergabung dengan beberapa sel yang kita miliki, tubuh akan menyerang juga sel yang telah menyatu dengan zat kimia tersebut, sedangkan sel memiliki kemampuan beregenerasi jika sel dari jaringan yang sama mengalami kerusakan. Cara beregenerasi sel tersebut adalah dengan membelah diri. Jika tubuh menyerang sel itu terus menerus, sel itu juga akan membelah terus menerus dan akan berpotensi untuk menimbulkan pembelahan yang tidak terkontrol yang dapat menyebabkan kanker. Jika kita memakai sel pantat, itu artinya kita memakai sel kita sendiri yang hanya kita pindahkan dari bagian tubuh yang satu ke bagian tubuh yang lainnya. Tubuh kita akan mengenali implan tersebut sebagai bagian tubuh kita karena itu juga merupakan sel yang berasal dari tubuh kita juga. Jadi akan lebih aman menggunakan jaringan pada pantat untuk operasi plastik jika dibandingkan dengan menggunakan silicon dan bahan kimia lainnya yang sejenis.

Dengan amannya operasi plastik menggunakan jaringan pantat, bukan berarti kita dapat melakukan operasi plastik dengan semena -- mena. Operasi plastik tetap saja memiliki resiko tinggi jika gagal. Resiko operasi plastik dengan menggunakan jaringan pantat bukannya 0%, tetapi memiliki resiko yang lebih kecil untuk terjadi komplikasi jika dibandingkan dengan silicon dan bahan kimia lainnya. Setiap pilihan yang kita ambil pastilah memiliki resiko, entah itu resiko yang besar maupun yang kecil, yang dapat kita rasakan secara langsung atau tidak secara langsung. Dan operasi plastik juga memiliki resiko dapat menimbulkan kanker ataupun komplikasi lain walaupun menggunakan bahan implan yang aman. Bahan implan tidak bisa menghilangkan resiko tetapi hanya bisa mengurangi resiko yang ada.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Bedah_plastik

https://www.ebiologi.com/2017/08/jaringan-ikat-fungsi-ciri-klasifikasi.html

https://artikelbermutu.com/2015/05/belajar-tentang-jaringan-lemak-dan-sel.html#