Mohon tunggu...
Julita Manurung
Julita Manurung Mohon Tunggu... Suka Bercerita Lewat Tulisan

Julita Manurung lahir di Medan, 12 Juli 1998. Mulai menulis sejak tahun 2017 dan sudah menerbitkan buku.

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

Hati-hati! Modus Kejahatan Finansial Perbankan Semakin Bervariasi

18 Mei 2019   13:37 Diperbarui: 18 Mei 2019   13:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Hati-hati! Modus Kejahatan Finansial Perbankan Semakin Bervariasi
Tangkap layar akun Youtube https://www.youtube.com/watch?v=0YtCRbnZbW4 

Pada bulan Ramadhan ini, modus kejahatan finansial perbankan semakin bervariasi. Berikut ini ada beberapa tindak kejahatan yang telah mereka lakukan:

1. Skimming.

Skimming adalah tindakan mencuri data nasabah, dengan memasang alat perekam data. Dan biasanya, tindakan kejahatan ini selalu dilakukan pada mesin EDC dan juga ATM. 

2. Phising.

Phising adalah tindakan ilegal untuk memperoleh informasi, seperti user id, password, dan lain-lain.

3. Malware.

Malware adalah tindak kejahatan dengan menggunakan software.

Ke-3 tindak kejahatan yang telah saya paparkan diatas, akan terus ada selama bulan Ramadhan ini, dan bahkan mungkin sampai akhir lebaran. Disini, saya bukan bermaksud untuk menakut-nakuti sobat kompasiana. Saya hanya ingin berbagi informasi mengenai modus kejahatan yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Nah, buat kamu yang sering ada keperluan di ATM, sebaiknya waspadalah saat ingin bertransaksi di ATM. Pantau sekitarmu dan pastikan bahwa tidak ada barang yang mencurigakan disitu. Jika kamu menemukan benda yang mencurigakan, sebaiknya jangan langsung terburu-buru keluar dari ATM. Bisa saja, penjahat yang memasang benda mencurigakan itu, sedang memantaumu dari jarak yang tidak terlalu jauh dari lokasi ATM.

So, jangan lupa bagikan artikel ini ke orang terdekatmu. Dengan berbagi, kamu sudah membantu mereka untuk semakin waspada, dari segala modus kejahatan yang sering terjadi.