Mohon tunggu...
Julianda Boangmanalu
Julianda Boangmanalu Mohon Tunggu... Lainnya - ASN pada Pemerintah Kota Subulussalam
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka pada dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hadiahi Guru Dengan Meningkatkan Kesejahteraannya

2 Juli 2022   09:11 Diperbarui: 2 Juli 2022   09:23 78 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber foto: (https://www.suaramerdeka.com/)

"Karena murid yang cerdas dididik oleh guru yang sejahtera."

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Julukan tersebut diberikan bagi guru tentunya bukan tanpa alasan. Bagaimana tidak, seorang guru yang sangat berjasa dalam mencetak generasi penerus bangsa ini. Guru dengan segala macam persoalan yang masih mencekengramnya tetap mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara ini. 

Panggilan jiwa untuk mendidik anak bangsa bukan hanya sekedar mentrasformasikan ilmu pengetahuan bagi anak didiknya, akan tetapi lebih daripada itu. Ia juga dituntut untuk bisa membentuk kepribadian anak yang bermoral dan beretika. Adalah suatu upaya guru yang tidak bisa dinilai dengan materi. 

Persoalan kesejahteraan guru di negeri ini masih menyisakan PR yang tidak berkesudahan. Kerapkali kita masih mendengar guru-guru yang diberikan upah masih jauh dari kata layak. Persoalan kesejahteraan guru di negeri ini seakan tidak mendapatkan penyelesaian.

Seperti julukannya, guru tidak menuntut harus diberikan rewards atau hadiah atas jasanya dari murid-muridnya. Karena jasa seorang guru tidak dapat dinilai dengan hadiah. Sehingga, tidak pantas rasanya bagi kita untuk mempermasalahkan boleh atau tidaknya memberikan hadiah kepada seorang guru apalagi karena diindikasikan sebagai gratifikasi.

Terlepas dari persoalan gratifikasi ataupun tidak, hadiah yang pantas seharusnya diberikan kepada guru-guru dengan meningkatkan kesejahteraan mereka. Jangan lagi ada guru mengabdi bertahun-tahun hanya diberikan upah yang tidak layak. Karena bagaimana mungkin ia bisa memberikan pendidikan yang memadai sementara ia saja masih dihantui dengan keterbasan. Karena sejatinya, murid yang cerdas dididik oleh guru yang sejahtera.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan