Mohon tunggu...
Juliana
Juliana Mohon Tunggu... Penulis - Penulis yang tidak suka minum kopi

Ada, diam, mengamati kemudian menulis.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kenangan yang Datang, Sebelum Aku Pergi

17 Februari 2022   22:01 Diperbarui: 17 Februari 2022   22:13 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Di pelataran masjid Sayyidina Husein RA, Dokpri

Menghitung hari. Tak lebih dari sebulan lagi, insya Allah saya akan meninggalkan Mesir. Negeri yang mataharinya sudah menyinari saya selama kurang lebih tujuh tahun. Jarang hujan, sekalinya hujan deras bisa-bisa banjir dan libur nasional; maka di balik selimutlah tempat bersembunyi paling nyaman.

Melihat mundur waktu yang sudah saya lewati, Mesir banyak memberikan warna. Dari pertama kali menginjak sampai akhir kali, yang belum terjadi.

Adalah waktu di tahun ke tiga kuliah, saya dicoba. Ya, saya yang biasanya datar dalam bereaksi jadi bisa lebih ekspresif sedikit. Misal: banyu mata mili tiba-tiba tanpa aba-aba, atau nguyu-nguyu meski tidak ada yang lucu. Persis kayak ... ya, pokoknya itulah. Dan kadang menyembunyikan senyum di balik derita. Eh, kebalik deng.

Dan waktu itu saya jadi sadar, banyak kasih sayang yang Allah datangkan lewat tangan teman-teman. Mereka tetap ada, kendati saya aneh. Tetap hadir, meski saya usir. Dan untuk kebaikan yang saya ketahui atau tidak, Allahlah sebaik-baik pembalas kebaikan.

Karena kondisi yang tidak normal, saya pun cuti kuliah. Pulang ke tanah air. Sekembaliku ke Mesir setelah libur panjang, rasanya gembira. Setiap ketemu temen-temen ingin menyampaikan syukur dan bilang, "Aku sudah sehat. Alhamdulillah." Tapi akhirnya hanya bisa bersuara dalam hati.

Sekarang menemui masa-masa itu lagi, akan pergi meski ingin tetap tinggal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun