Mohon tunggu...
Julia Dewi Krismayani
Julia Dewi Krismayani Mohon Tunggu... Penulis novel best seller 2025

Penulis novel "Langit dan Biru" yang akan menjadi best seller di tahun 2025.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Budayakan Mendongeng untuk Anak-anak di Desa Jambean Kidul

12 Februari 2020   14:32 Diperbarui: 12 Februari 2020   14:30 143 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Budayakan Mendongeng untuk Anak-anak di Desa Jambean Kidul
Penampilan mendongeng oleh salah satu peserta Jamkids Mendongeng

Pati (04/02). Pada minggu ke-4, Tim KKN UNDIP Tim I mengadakan lomba mendongeng untuk anak-anak Desa Jambean Kidul. Lomba mendongeng merupakan salah satu program mono disiplin dari salah satu mahasiswa UNDIP Fakultas Ilmu Budaya jurusan Perpustakaan. Lomba mendongeng ditujukan untuk siswa-siswa Sekolah Dasar kelas IV-VI. Kegiatan ini tidak hanya menampilkan lomba mendongeng saja, bagi yang tidak ikut lomba anak-anak Sekolah Dasar tersebut juga ikut berpartisipasi dengan menampilkan puisi dan juga menyanyi.

Lomba mendongeng yang diadakan di Posko mahasiswa KKN desa Jambean Kidul disambut hangat dan antusias oleh siswa-siswa Sekolah Dasar terutama pada waktu pelaksanaan kegiatan. Kegiatan yang laksanakan pada hari minggu tanggal 02 Februari 2020 diikuti oleh 7 peserta ini banyak dihadiri oleh anak-anak yang akan memberikan dukungan untuk teman-temannya yang mengikuti lomba.

Sebelum diadakannya lomba mendongeng, mahasiswa KKN terlebih dahulu telah mengajarkan cara mendongeng kepada anak-anak desa Jambean Kidul. Tidak hanya mengajarkan mahasiswa KKN juga memperkenalkan buku-buku mengenai cerita dongeng. Banyak sekali manfaat yang didapat dari diadakannya lomba mendongeng ini, selain anak dapat memetik pesan moral yang ada didalam cerita, meningkatkan kepercayaan diri dan yang paling penting dapat meningkatkan kemampuan literasi anak-anak baik dalam kemampuan membaca, menulis dan berbicara.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Lomba mendongeng ditutup dengan pembagian hadiah dan sertifikat oleh ketua panitia lomba. Hadiah tidak hanya diberikan untuk pemenang lomba saja tetapi juga diberikan kepada anak-anak yang ikut berpartisipasi dalam acara ini.  

VIDEO PILIHAN