Mohon tunggu...
Julfa Annisa Julhijah
Julfa Annisa Julhijah Mohon Tunggu... Spread Love

Julfa Annisa Julhijah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Covid 19 Membawa Berkah di Bulan Ramadan

8 Mei 2021   12:11 Diperbarui: 8 Mei 2021   12:12 40 1 0 Mohon Tunggu...

Sudah lebih dari satu tahun terhitung dari bulan maret 2020 hingga April 2021 Pandemi covid di indonesia belum juga hilang, semasa pandemi covid 19 banyak sekali kegiatan yang harusnya bisa dilaksanakan secara langsung atau tatap muka kini harus dilakukan secara online.Pusat pendidikan seperti sekolah dan universitas juga belum bisa dilakukan secara tatap muka pembatasan jam operasi pelayanan umum pun masih diberlakukan , masyarakat juga terus dihimbau untuk melakukan protokol kesehatan yaitu 3M, mencuci tangan,memakai masker dan menjaga jarak. 

Ramadan kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,selama lebih satu tahun Masa Pandemi ini kita telah bertemu dua kali bulan ramadan, tentunya itu membuat ramadan kali ini terasa berbeda. Di tahun 2020 beberapa masjid yang terkena zona merah dilarang untuk melakukan sholat tarawih  

Masyarakat dihimbau agar sholat tarawih dirumah untuk menghindari terjadinya keramaian. Tetapi walaupun sholat terawih atau ibadah lainya dilakukan dirumah itu tidak mengurangi semangat kita beribadah kepada Allah Swt, walaupun mungkin terasa berbeda dari ramadan tahun tahun sebelumnya.

Meski masih dihantui rasa ketakutan akan Covid-19 yang tak kunjung usai, bulan Ramadan sendiri tetap dijadikan momen meningkatkan ibadah kepada Allah SWT serta menebar kebaikan kepada sesama.

Banyak hal baik yang bisa kita lakukan, berbagi dan beramal pada sesama, khususnya saat pandemi ini karena banyak sekali yang juga terdampak dari sisi ekonomi. Justru ditengah dampak ekonomi yang muncul, sebisa mungkin kita tidak lupa untuk beramal dan berbagi pada sesama. 

Di masa pandemi ini, berbagi, kerjasama dan saling tolong menolong merupakan cara bagi kita untuk tetap bertahan. Ketika biasanya kita menjamu buka puasa di masjid, saat ini kita tetap bisa berbagi menu berbuka dengan cara yang lebih aman bagi kita semua. 

Sudah banyak dilakukan ya, seperti memberi takjil , berdonasi, atau melakukan dan membuat sesuatu sebagai bentuk kepedulian kita bagi sesama. Syukurlah hal-hal baik seperti ini juga banyak dilakukan dan menular ke seluruh lapisan masyarakat.  

Berikut beberapa kegiatan yang baik atau bermanfaat yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadhan di tengah pandemi ini.

1.Berbagi dengan sesama

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa sedekah di bulan Ramadan adalah sedekah yang paling mulia.

Sebagai umat muslim yang taat hendaknya kita saling berbagi, terlebih lagi bulan ini adalah bulan yang penuh berkah, walau kegiatan kita dibatasi karena pandemi. Kita masih bisa berbagi seperti memberi makan anak yatim , membagikan takjil kepada pengendara motor , menyediakan menu buka puasa di masjid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN