Mohon tunggu...
juju juriyah
juju juriyah Mohon Tunggu... Guru - Artikel

Perempuan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pekerjaan Kita adalah Passion Kita

1 Desember 2022   23:45 Diperbarui: 1 Desember 2022   23:52 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebaiknya pekerjaan yang kita tekuni bukan sekedar rutinitas keseharian tapi lebih dari itu, 

yaitu libatkan jiwa di dalamnya, sehingga membuat kita bahagia.

By 

Juju Juriyah

Ketika kita sendiri berhenti dari suatu aktivitas yang telah kita lakukan, baru kita merasakan rasa lelah, baik itu raga, jiwa atau pun pikiran. Apalagi pekerjaan itu dituntut  kesempurnaan. Pekerjaan yang harus sesuai dengan peraturan dan pekerjaan yang sudah ditentukan tergetnya. Hal ini sangat menyita pikiran dan energi kita. 

Dengan demikian melibatkan jiwa dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan adalah suatu hal yang sangat penting. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu  kita pahami dalam menyikapi hal tersebut diantaranya :

  • Bekerjalah karena Allah. Suatu pekerjaan yang dilakukan dengan niat ibadah kepada Allah, akan mendatangkan berkah, ketenangan dan rizki yang halal.
  • Bekerjalah dengan Hati.  Hati adalah hal terpenting dalam hidup kita. Ketika hati sakit badan dan semangat kita pun ikut sakit. Ketika hati sedang lemah begitupun jiwa dan pikiran pun melemah. Dan ketika hati sedang lapang dan bahagia, maka jiwa dan pikiran kita semangat dan bergairah dalam melakukan sesuatu.  Cobalah selalu untuk mengkondisikan hati yang mampu menstabilkan mental kita, yaitu hati yang damai dan lapang dengan menanamkan rasa syukur dan ikhlas. Dengan hati yang bersyukur dan ikhlas pekerjaan yang kita lakukan akan mendatangkan manfaat dan membuat kita senang melakukannya.
  • Bekerjalah sesuai passion. Passion  adalah suatu hal yang ada di dalam diri kita yang melibatkan rasa suka dan cocok dalam suatu hal. Dengan demikian dalam bekerja pun kita harus melibatkan passion kita, kalau suatu pekerjaan yang kita tekuni  sesuai dengan passion kita akan mengakibatkan kita senang melakukannya dan berhasil baik.

Cobalah untuk bisa menerapkan hal-hal tersebut dalam setiap aktivitas pekerjaan kita, sehingga mengakibatkan suatu ritme kehidupan yang seimbang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun