Mohon tunggu...
JUJU JUHARIAH
JUJU JUHARIAH Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen pada Perusahaan Bank

16 Juni 2022   00:17 Diperbarui: 2 Juli 2022   01:59 554 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. PENGERTIAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

Di dalam sebuah perusahaan adanya sistem pengendalian manajemen sangatlah penting karena dapat menjadi suatu hal yang berperan besar terhadap laju perkembangan suatu perusahaan. Sistem pengendalian manajemen merupakan sebuah sistem yang di pakai atau di pergunakan oleh manajemen untuk mengendalikan organisasi agar dalam tujuan organisasi bisa tercapai.

2. PENGERTIAN PERUSAHAAN JASA KEUANGAN

Perusahaan jasa keuangan adalah perusahaan yang melayani investasi, kredit, asuransi dan sekuritas untuk para nasabah. Contoh perusahaan jasa keuangan umumnya berasal dari perbankan dan penyedia jasa layanan untuk pembiayaan (multifinance) tertentu.

3. PENGERTIAN BANK

Bank adalah suatu lembaga keuangan yang memiliki kewenangan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman modal kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat umum.

4. PROSES SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA BANK

Sistem pengendalian manajemen tidak hanya menyangkut aspek manufaktur saja. Sistem pengendalian manajemen juga berfungsi pada sektor jasa. Salah satu perusahaan di sektor jasa adalah jasa keuangan. Jasa keuangan mengacu pada organisasi atau perusahaan yang menangani pengelolaan dana atau uang. Misalnya Bank, Perusahaan Asuransi, Perusahaan penyedia kartu kredit (credit card), 

Perusahaan pembiayaan konsumen, dan sekuritas-sekuritas. Salah satunya bank melaksanakan sistem pengendalian manajemen dalam rangka memastikan kepatuhan terhadap ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk ketentuan intern Bank. 

Tersedianya informasi keuangan dan manajemen yang lengkap, akurat, tepat guna, dan tepat waktu, efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan operasional, serta efektivitas budaya risiko (risk  culture) pada organisasi bank secara menyeluruh.

Sistem pengendalian manajemen dilakukan agar kegiatan operasional Bank dapat berjalan secara sehat, aman, dan terkendali. Terselenggaranya sistem pengendalian manajemen Bank yang handal dan efektif menjadi tanggung jawab dari jajaran manajemen Bank.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan