Mohon tunggu...
J U H R I Y A N S A H
J U H R I Y A N S A H Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kalau mau mengenal dunia, membacalah, kalau mau dikenal dunia, menulislah, kutipan dari Pramoedya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyuluhan Analisis Bisnis Demi Mendorong Ekonomi Masyarakat Oleh KKN Kebangsaan 2022

16 Agustus 2022   13:49 Diperbarui: 16 Agustus 2022   13:57 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Mahasiswa KKN Bersama Ibu PKK di Desa Naning (Dokpri)

Kuala Kapuas - Mahasiswa KKN Kebangsaan Naning melakukan penyuluhan kepada masyarakat dengan memberikan informasi dan edukasi tentang bagaimana berwirausaha, membangun usaha kecil serta menghitung untung dan rugi sebuah usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan guna mendukung dan mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Pada kesempatan ini mahasiswa menunjukkan pengabdiannya kepada masyarakat melalui kegiatan yang dilakukan. Dimana mahasiswa melakukan penyuluhan tentang pentingnya analisis biaya dalam berusaha. Memberikan informasi dan berbagi ilmu bagaimana cara menghitung untung dan rugi sebuah produk yang diproduksi.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok ini ialah Jon Rivaldo Purba Jurusan Agroteknologi, Dian Sitinjak Jurusan Ekonomi Pembangunan, Maudy Kalimatul Hikmah Pendidikan Fisika, Fitrianie Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Khofifah Annahdliyah Jurusan Teknologi Informatika 5 mahasiswa/i dari Universitas Palangka Raya, Sunita Anggreny Jurusan Akuntansi dari Universitas Maritim Raja Ali Haji, Gusnanda Andriansyah Jurusan desain interlion dari universitas ISI Surakarta, Azrul Muhayat Jurusan Teknik Elektro dari UIN Suska Riau dan Muhamad Adam Eldawan Jurusan Kedokteran dari UPNVJ dan tentunya di damping oleh Dosen Pendamping Lapangan, yaitu Ibu Afentina, S.Hut., MP., Ph.D

Setelah melakukan demonstrasi pengolahan hasil tani kepada masyarakat, peserta KKN Kebangsaan juga langsung melakukan penyuluhan yang dilakukan pada senin, 15 Agustus 2022 di Kantor Balai Desa Naning. Tujuan dilaksanakan kegitan ini agar produk hasil tani yang telah diolah dapat dipasarkan dengan laba keuntungan yang besar oleh masyarakat sehingga dapat menaikkan dan memajukkan perekonomian desa.

Kegiatan ini diikuti dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan anggota kelompok usaha tani Desa Naning. sambutan dan dukungan penuh dari masyarakat yang terlihat dari antusias kehadiran mereka dalam meluangkan waktu untuk kegiatan ini, serta keterlibatan langsung selama kegiatan berlangsung

Ibu Nia selaku ketua RT II menyambut baik dan didukung penuh oleh ibu-ibu PKK Desa Naning, semoga yang materi yang disampaikan oleh sunita anggreny selaku mahasiswa KKN Kebangsaan Naning dapat membantu para pelaku UMKM dan pemulai usaha di Desa Naning untuk menggunakan laporan keuangan yang sederahana agar dapat menegtahu rugi dan untung dalam menjual suatu produk.

Foto Mahasiswa sedang Penyampaian Materi Penyuluhan Analisis Bisnis (Dokpri)
Foto Mahasiswa sedang Penyampaian Materi Penyuluhan Analisis Bisnis (Dokpri)

Pemateri penyuluhan yang juga sebagai ketua kelompok KKN Kebangsaan Desa Naning, yaitu Sunita Anggreny Mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji menyampaikan harapannya setelah kegiatan berlangsung dapat membagi pengalaman yang saya dapatkan dibangku perkuliahan, saya berharap materi tentang laporan mengenai harga pokok produksi ini dapat membantu para pelaku usaha atau yang mau memulai usaha di Desa Naning, agar dapat mengetahui laba dan rugi, karena banyak sekali UMKM saat ini hanya mengitung modal tanpa menghitung waktu dan tenaga pelaku, dan harapan saya kedepan para pelaku UMKM dapat mengaplikasikan apa yang saya share kepada ibu-ibu PKK di Desa Naning. Dan saya berterima kasih kepada seluruh warga Desa Naning terutama Ibu-ibu PKK dan seluruh peserta KKN Kebangsaan atas kerjasamanya selama kegiatan berlangsung.

Penulis : Sarah Fitra Ali

Editor : Juhriyansah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun