Mohon tunggu...
Muda

Summary: Dalangnya adalah Bapak Sukanto Tanoto!

28 Agustus 2016   10:33 Diperbarui: 12 September 2016   22:50 173 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Source: facebook.com/tanotofoundation/

Tanoto Scholars Gathering (TSG) 2016, Pangkalan Kerinci, Pelalawan Riau, tepatnya berlokasi di Riau Complex - PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Kegiatan ini merupakan salah satu dari sekian hal ajaib yang diberikan oleh Tanoto Foundation kepada Tanoto Scholars, sebutan untuk para penerima beasiswa yang disediakan Tanoto Foundation. Hal ajaib? Tanoto Foundation seringkali memberikan kejutan-kejutan positif kepada Tanoto Scholars, hal-hal yang tidak terduga dan yang tidak pernah terbayangkan. Bagaimana tidak? Tanoto Scholars tidak hanya dibantu secara finansial tetapi juga diberi bekal pengembangan soft skill, seperti kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi, konseling mengenai akademik serta TSG yang luar biasa ini.

Tanoto Foundation menyediakan berbagai jenis beasiswa diantaranya National Champion Scholarship, Regional Champion Scholarship, Beasiswa Vokasi, Beasiswa Sekolah Menengah dan Beasiswa Sayap Garuda. Yup, pada kegiatan Tanoto Scholars Gathering seluruh penerima dari berbagai jenis ini dipertemukan, ada 31 universitas dari seluruh Indonesia dan hampir 300 Tanoto Scholars.

Tanoto Scholars Gathering 2016 dilaksanakan begitu apik, diisi dengan rangkaian kegiatan yang seru dan bermanfaat. Tanoto Scholars Gathering 2016 dilaksanakan selama 6 hari, 15 Agustus – 20 Agustus 2016, sebagaimana acara inti dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus – 19 Agustus 2016, di 15 Agustus 2016 dan 20 Agustus 2016 adalah jadwal kedatangan dan keberangkatan karena pesertanya berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Sudah terbayang bagaimana keseruannya? Eits, itu baru permulaan.

Tanoto Scholars Gathering 2016  dibuka oleh Anderson Tanoto, anak dari Bapak Sukanto Tanoto. Beliau  merupakan sosok inspiratif, muda, cerdas, bersemangat dan rendah hati. Selanjutnya, acara inti TSG 2016 adalah Kunjungan Industri, Berbagi Nilai-nilai Raja Garuda Emas (RGE) Group, Upacara Perayaan 17 Agustus, Team Building, Art Permormance,Seminar: Public Speaking and Media Skills, Inspiration Talk, Sustainability Talk dan Meet and Greet with Anderson Tanoto.

Pada kegiatan Kunjungan Industri ini Tanoto Scholars bertandang ke RTC (RGE Technology Center), PT. RAPP dan Asian Agri juga Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) PT.RAPP – Rumah Batik Andalan. Tanoto Scholars boleh mengetahui proses dari awal hingga akhir. Kunjungan Industri membantu Tanoto Scholars memahami teori di perkuliahan dengan cara menyaksikan langsung penerapan teori-teori tersebut di lapangan.

Tanoto Scholars Gathering 2016 juga bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2016, yaitu pada hari kedua TSG 2016. Tanoto Scholars melaksanakan upacara di Lapangan Merdeka, Riau Complex - PT RAPP. Tanoto Scholars Gathering 2016 pun turut meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap Indonesia. Kegiatan terus berlanjut, saatnya berkompetisi dan bekerja sama, Team Building – Outbond. Banyak permainan yang dikompetisikan, mengajarkan Tanoto Scholars betapa pentingnya bekerja sama, menyusun strategi, komunikasi dan berjuang, sesuai dengan tagline Bapak Sukanto Tanoto, Don’t Give Up Without A Fight! Malam di hari kedua TSG 2016 ditutup dengan Art Permormance yang bertemakan Bhinneka Tunggal Ika, berbagai budaya Nusantara dipamerkan, sungguh semakin mencintai Tanah Air.

Hari-hari selama kegiatan TSG 2016 dihabiskan dengan menyerap inspirasi dan nilai-nilai dari orang-orang yang luar biasa, seperti: RGE Group – Fahrizal Tampubolon, Sri Wahdini, Taslim Jailani, Kolden Silalahi, Tanoto Scholars diajarkan bagaimana profesionalisme, loyalitas dan kejujuran, Seminar: Public Speaking and Media Skills – Becky Tumewu, Donny de Keizer, Olivia Marzuki, Aulion, bagaimana Tanoto Scholars menjadi pribadi yang unggul dengan memiliki kemampuan komunikasi dan memanfaatkan sosial media dengan benar,  Inspiration Talk – Dwikorita Karnawati, Rektor Universitas Gadjah Mada dan Susy Liestiowaty, Direktur PT. BRI, keduanya mengajarkan Tanoto Scholars untuk lebih berani melompat dan mengoptimalkan potensi diri, serta Sustainability Talk – Rudi Fajar, Direktur PT. RAPP dan M. Iqbal, Estate Manager Restorasi Kampar Timur, yang berbagi tentang kepedulian terhadap alam.

Seluruh rangkaian kegiatan TSG 2016 kembali ditutup oleh Anderson Tanoto, Meet and Greet with Anderson Tanoto. Anderson Tanoto berbagi nilai-nilai Learn and Lead, seperti: selalu lapar dalam hal belajar, untuk menjadi pemimpin bagi orang lain harus dimulai dari diri sendiri, kita terlebih dahulu mampu memimpin diri sendiri baru lah kita layak memimpin orang lain, Anderson Tanoto juga mengingatkan  bahwa setiap hari adalah tantangan, siapkan diri! – self awarness to self improvement. Anderson Tanoto tak lupa menyampaikan pesan Bapak Sukanto Tanoto yaitu Tanoto Scholars harus menolong orang lain juga, misalkan tiap Tanoto Scholars membantu 2 orang, jika ada 300 Tanoto Scholars maka orang yang dibantu akan berjumlah 600 orang.

Pengalaman yang tidak ternilai harganya, belajar hal baru, menyerap inspirasi dan nilai-nilai serta bertemu dengan Tanoto Scholars dari berbagai daerah dan universitas, bersama-sama dalam satu kamar, saling mengenal dan menjalin persahabatan. Ajaib bukan? Satu kegiatan memberikan banyak manfaat! Dalangnya adalah Bapak Sukanto Tanoto, terima kasih, sukses!

Mohon tunggu...

Lihat Muda Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan