Mohon tunggu...
Julius Deliawan
Julius Deliawan Mohon Tunggu... Guru - https://www.instagram.com/juliusdeliawan/

Guru yang belajar dan mengajar menulis. Email : juliusdeliawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menghidupi Imajinasi

21 Juni 2019   08:05 Diperbarui: 21 Juni 2019   08:43 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hampir dua puluh tahun jadi guru sejarah, beberapa kali ditanya, "apa sih yang membuat bapak betah?" Jawabannya bisa sangat normatif, klise. Itu tak selalu menggambarkan utuh apa yang dirasakan.

Ada satu hal yang sebenarnya bukan hanya ada ketika menjadi guru sejarah, tetapi sejarah juga memberi banyak ruang bagi hal tersebut, jawabannya, imajinasi!

Sejak kecil, saya menikmati berlama-lama dalam kesendirian. Tempatnya bisa dimana saja. Dalam keterbatasan ruang, pikiran saya mengembara. Dan kembali, biasanya karena hardikan orang tua. "Cepetan mandinya, gantian!" Atau kedatangan teman-teman, karena permainan kurang anggota untuk dimainkan.

Imajinasi, membuat saya tak pernah kehabisan 'alat' untuk dimainkan. Sebagian tereksekusi menjadi gagasan yang saya tuliskan. Sebagian lainnya mewujud menjadi benda-benda yang berserakan di rumah. Meski saya masih jauh untuk dikatakan sebagai seniman.

Belakangan, saya sedang berjibaku dengan barang-barang bekas. Sehingga absen sesaat dari kompasiana. Jadi tidak mandeg dari proses menghidupi dunia imajinasi. Mencoba berinovasi dari hal-hal yang dibuang dan menjadi persoalan lingkungan. Di lain kesempatan, saya akan bagikan apa-apa yang coba saya imajinasikan dan telah saya hasilkan itu.


Salah satu hasil imajinasi. Pot hidroponik sumbu dari botol plastik dan kertas bekas. Koleksi pribadi
Salah satu hasil imajinasi. Pot hidroponik sumbu dari botol plastik dan kertas bekas. Koleksi pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun