Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Laporkan Segala Tindak Kekerasan Seksual pada Anak!

14 Desember 2021   21:20 Diperbarui: 14 Desember 2021   21:42 96 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Istockphoto

Begitu hangat perbincangan di media massa cetak maupun elektronik mengenai kekerasan seksual pada anak. Beberapa waktu lalu terjadi kekerasan seksual terhadap santri/santriwati oleh guru mereka. 

Hal itu sangat memilukan dan membuat masyarakat pun marah terhadap tindakan itu sehingga mengutuk keras tindakan tersebut.

Dari kejadian kekerasan seksual tersebut ada sesuatu hal yang penting kita lakukan agar tidak terus menerus terjadi tindakan itu.

Salah satu caranya adalah laporkan saja bila ada indikasi atau percobaan maupun tindakan langsung kekerasan seksual terkhusus pada anak.

Maksudnya adalah laporkan jika ada tindakan kekerasan seksual tersebut kepada pihak kepolisian secara langsung agar diambil tindakan cepat dan tidak berlarut-larut lagi.

Anak-anak harus diajari untuk berani juga melaporkan kepada orangtuanya maupun polisi bila ada oknum-oknum yang mencoba menodai mereka. Jangan takut.

Orangtua harus meyakinkan anak dan mengajari anak untuk berani melapor segala tindakan yang ingin menodai tubuhnya.

Jangan melapor ketika sudah terjadi kekerasan seksual tetapi harusnya jika ada tindakan percobaan melakukan kekerasan seksual, langsung saja anak berani melapor kepada orangtua, maupun pihak sekolah, pihak aparat desa/kelurahan dan lain sebagainya.

Anak harus diajari lebih berani agar kasus tindakan kekerasan seksual bisa diatasi dan dicegah dengan baik. Semua itu demi kebaikan anak-anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan