Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ini Contoh Peribahasa yang Familiar dan Patut Diingat

11 Juni 2021   22:10 Diperbarui: 11 Juni 2021   22:21 43 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Contoh Peribahasa yang Familiar dan Patut Diingat
Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Sejak di duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), saya dan juga kita pasti sering mendengar sebuah peribahasa maupun mempelajari peribahasa ketika pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung.

Kalau bagi saya, peribahasa yang familiar dan sangat diingat sampai saat ini adalah peribahasa "Mulutmu adalah Harimaumu". Peribahasa ini memiliki arti agar kita menjaga tutur kata kita terhadap orang lain. 

Jangan sampai mulut keluar kata-kata menyakitkan, membenci dan menghina orang lain. Pada masa ini kita bisa melihat bagaimana ujaran kebencian itu marak terjadi. Penghinaan dan juga pencemaran nama baik itu sering terjadi dari mulut kita sendiri.

Karena itu, mari mengingat kembali peribahasa Mulutmu adalah Harimaumu. Peribahasa itu mengajarkan kita untuk saling menghargai dan menghormati orang lain tanpa harus membenci dan menghina.

Peribahasa Mulutmu adalah Harimaumu patut kita mengerti dan ketahui serta ingat terus terutama buat anak-anak kita yang masih dalam masa pertumbuhan. Peribahasa itu patut diajarkan agar anak kedepannya mengerti bahwa mulut itu harus dijaga. 

Jangan keluar kata-kata kotor dan melukai orang lain. Anak itu sejak dini harus diajari bahwa mulut itu harus mengeluarkan kata-kata yang layak untuk didengar. Jadi, peribahasa Mulutmu adalah Harimaumu adalah peribahasa paling tepat untuk diketahui dan dimengerti.

Sampai sekarang ini, saya juga masih mengingat peribahasa tersebut agar bisa juga menyebarkan kata-kata yang positif dan bermanfaat bagi orang lain.

Semoga saja dengan belajar peribahasa Mulutmu adalah Harimaumu akan memberikan dampak baik kedepannya untuk kita dalam menjaga tutur kata dan perbuatan kedepannya.

Mempelajari peribahasa tentu bermanfaat dan positif bagi setiap orang karena memiliki arti penting tentang kehidupan. Mari kita ajari anak-anak mengenai peribahasa untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x