Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pancasila adalah Ideologi Bangsa dan Negara, Mari kita Aktualisasi Bersama

1 Juni 2021   21:19 Diperbarui: 1 Juni 2021   21:21 84 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pancasila adalah Ideologi Bangsa dan Negara, Mari kita Aktualisasi Bersama
Sumber: dok Kompas/Handining

Pancasila adalah ideologi bangsa dan negara Indonesia yang dijadikan semangat untuk membina semangat keberagaman, kebersamaan, persatuan maupun kesatuan di negeri ini. Hubungan antarbangsa akan semakin baik jika kita mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Dalam bertindak, jika kita mengingat sila-sila dalam Pancasila, maka kita akan melaksanakan setiap kegiatan dan tindakan akan lebih baik dan tidak menyebabkan adanya perselisihan, kegaduhan maupun pertengkaran.

Pancasila mampu menyatukan kita sesama anak bangsa. Pancasila itu mampu memajukan kita dalam hal bertindak dan berpikir sehingga jangan pernah melupakan Pancasila.

Saat ini, kita butuh orang-orang tidak sekedar mengerti Pancasila tapi bisa mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam tindakan.

Tindakan-tindakan sehari-hari yang mencirikan sila dalam Pancasila adalah dengan menghormati sesama anak bangsa tanpa ada memilih suku, agama, ras dan antar golongan.

Selain itu, mengikuti upacara bendera setiap hari Senin di sekolah juga bagian dari aktualisasi sila-sila Pancasila di sekolah. Tidak mengajak teman sekolah berkelahi juga bagian dari itu.

Kalau di lingkungan sekitar kita, aktualisasi nilai-nilai Pancasila adalah dengan bergotong royong bersama perangkat desa atau lingkungan tempat kita tinggal.

Selain itu, tidak mengajarkan hal-hal buruk seperti membenci agama, suku, ras dan antar golongan orang lain.

Nah, itu sebenarnya penerapan nilai-nilai Pancasila yang baik di masyarakat dan kehidupan sehari-hari. Tidak susah sebenarnya asal kita mau melakukannya.

Sekarang, pertanyaannya apakah masyarakat mau dan mengerti mengenai aktualisasi nilai-nilai Pancasila tersebut?. Ini masih jadi pertanyaan yang belum terjawab.

Sebab itu, tugas kita membagikan pengetahuan kita soal Pancasila kepada sesama kita agar Pancasila benar-benar tertanam dalam hati dan pikiran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x