Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Isu Reshuffle Makin Menguat, Akankah Kabinet Makin Baik?

19 April 2021   14:30 Diperbarui: 19 April 2021   14:34 72 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isu Reshuffle Makin Menguat, Akankah Kabinet Makin Baik?
Sumber: ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Isu reshuffle kabinet makin menguat. Dikabarkan ada sejumlah menteri yang bakal diganti di pekan-pekan ini. Informasi dari detik com, ada enam menteri yang sedang dikaji untuk di-reshuffle. Selain itu, ada satu kepala badan yang sedang dipertimbangkan Jokowi untuk diganti.

Enam menteri itu termasuk posisi puncak di Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi. Dengan adanya kabar ini, tentu masyarakat akan bertanya-tanya siapa yang akan diganti.

Akankah kabinet makin baik?

Menjadi pertanyaan, akankah kabinet makin baik ketika reshuffle dilakukan?. Tentu harapannya kabinet bersama para menteri kinerjanya makin baik. Pergantian menteri berarti keinginan Presiden Jokowi sebagai pimpinan pemerintahan untuk memperbaiki pemerintahan semakin baik, semakin berkualitas dan semakin memiliki manfaat bagi masyarakat.

Kita tentu berharap dengan adanya reshuffle maka situasi pemerintahan makin berkembang dan makin maju. Menteri baru harus bisa menjalankan tugas dan jabatannya dengan baik dari menteri sebelumnya.

Selama ini, sangat mungkin kinerja para menteri masih kurang maksimal dan nyata sehingga Presiden Jokowi tidak akan membiarkan hal tersebut terus terjadi sehingga harus ada pergantian menteri.

Apalagi akan ada kementerian baru yang diharapkan menjadi angin segar bagi pemerintahan. Contohnya saja, Kemendikbud-Ristek pun diharapkan semakin membuat pembaruan bagi dunia pendidikan yang selama pandemi Covid-19 ini tidak berjalan baik.

Pendidikan bagi anak-anak terhambat dikarenakan tidak diperbolehkan sekolah tatap muka. Dan, belajar jarak jauh dengan menggunakan media sepertinya tidak efektif.

Banyak lagi masalah lain dalam dunia pendidikan yang ahrus dibenahi oleh menteri baru maupun menteri yang lama.

Kemudian, Kementerian Investasi tentu arah dan tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berguncang atau merosot akibat Pandemi Covid-19. Semoga dengan adanya Kementerian Investasi maka dapat meningkatkan dan memulihkan perekonomian yang terpuruk selama pandemi.

Dan, bagi Kementerian lainnya yang akan dilakukan Reshuffle, kiranya dengan wajah baru akan memberikan darah segar untuk membenahi negara ini.

VIDEO PILIHAN