Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Politik

Amien Rais Bela Habib Rizieq untuk Apa?

20 Desember 2020   20:58 Diperbarui: 20 Desember 2020   21:17 161 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Amien Rais Bela Habib Rizieq untuk Apa?
Sumber: Foto YouTube via Sindonews.com

Sikap inisator Partai Ummat Amien Rais yang getol membela Habib Rizieq Shihab dinilai tak lepas dari motif untuk membesarkan Partai Ummat. Ketika Habib Rizieq akhirnya ditahan polisi, Amien salah satu yang bersuara paling keras. 

Bahkan Amien Rais bersama sejumlah tokoh dan aktivis mendatangi Mabes Polri meminta Kapolri membebaskan Habib Rizieq. Dari pernyataan Amien Rais tersebut menyiratkan tanya buat kita. Untuk apa Amien Rais membela Habib Rizieq?.

Kalau penulis mencermati bahwa ada rencana Amien Rais untuk merebut suara Front Pembela Islam (FPI) masuk ke partai Ummat besutan Amien Rais. Lihatlah bagaimana ada dampak elektoral dari seruan Amien Rais agar Habib Rizieq dibebaskan.

Tidak masalah juga sebenarnya, sekarang setiap orang, apalagi politisi sangat jarang sekali melakukan sesuatu dengan tulus. Pasti ada maksud tertentu yang mereka lihat dalam hal tersebut.

Secara hukum, tindakan Amien Rais tersebut tidak dibenarkan karena membebaskan seseorang yang terjerat masalah hukum harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Harus sesuai dengan vonis hakim yang membebaskannya. Tidak mungkin pihak kepolisian melanggar aturan hukum, mereka juga yang menetapkan tersangka, tetapi malah mereka yang membebaskan.

Pernyataan tegas dari Amien Rais pun yang bersuara keras agar Habib Rizieq dibebaskan tidak akan bisa dikabulkan. Lagipula Amien Rais bukanlah seorang penguasa yang bisa mengatur sistem penegakan hukum dan sistem pemerintahan.

Jadi, terlalu politis keinginan seorang Amien Rais dan tidak berdasarkan hukum yang ada. Karena itu, tak layak sesuatu yang bersifat politis dibawa-bawa ke permasalahan hukum. Tetap hukum harus ditegakkan dan segala kejahatan memang harus kita hanguskan agar tidak terus menerus menyerang martabat bangsa dan negara.

Kalau ada niatan Amien Rais demi menaikkan elektabilitas partainya dengan memebla Habib Rizieq sebaiknya tidak dilakukan dalam perkara Habib Rizieq yang sedang berjalan karena itu adalah kesalahan besar dan tempat Yang salah. Tempat yang benar adalah Amien Rais menaikkan elektabilitas partai Ummat dengan situasi yang berkaitan pula dengan politik yang ada.

Semoga saja hal itu bisa kita sadari bersama demi kebaikan kita juga. Siapapun harus mematuhi aturan yang ada.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x