Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Prabowo Diminta Maju Kembali di Pemilu Mendatang, tapi "Bayang-bayang" Kekalahan Masih Kental

22 Agustus 2020   09:14 Diperbarui: 22 Agustus 2020   09:08 461 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prabowo Diminta Maju Kembali di Pemilu Mendatang, tapi "Bayang-bayang" Kekalahan Masih Kental
Sumber: Ricardo/JPNN.com

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diminta kembali oleh para kadernya untuk kembali maju di pilpres 2024 mendatang. Namun, Prabowo belum menyampaikan kesiapan dan akan diputuskan sebelum pemilu.

Atas permintaan tersebut, ada pernyataan dari pengamat politik Warian Yusuf menilai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto lebih baik tidak usah maju di pilpres 2024 Prabowo lebih baik sebagai king maker

Kata Warian lagi,"Prabowo sudah tiga kali nyalon. Pernah berpasangan dengan Megawati, terus berpasangan dengan Hatta Rajasa dan terakhir sama Sandiaga Salahuddin Uno. Mungkin publik memang menilai Prabowo tidak layak. Buktinya kalah terus. Masa harus kalah untuk keempat kali sih," ungkap Warian dilansir JPNN.com, 21/8.

Dalam "bayang-bayang" kekalahan

Prabowo sebenarnya dalam "bayang-bayang" kekalahan tiga kali tersebut. Dan andai ikut kembali dan kalah, maka keempat kalinya beliau kalah. 

Ini tentu jadi track record yang buruk. Bukannya lebih baik Prabowo mencari sosok yang layak dan mumpuni kedepannya ketimbang harus beliau sendiri yang maju?.

Penulis sependapat dengan pengamat tersebut. Dan, sangat mungkin kekalahan terus menerus sangat "memukul mental" seorang Prabowo, namun beliau tetap semangat dan terus berjuang. Disitulah kelebihan seorang Prabowo sebagai seorang petarung dalam setiap kontestasi pemilu.

Akan tetapi, perjuangan seorang Prabowo harusnya berakhir di pemilu 2024. Artinya tidak perlu lagi ikut kontestasi. Sebab, menjadi seorang king maker tidak kalah hebatnya. Apalagi hasil pilihan Prabowo tersebut menang.

Nama Prabowo akan semakin tersanjung dan semakin dihargai dalam peta perpolitikan di Indonesia.

Oleh karena itu, harus jadi pilihan seorang Prabowo mau kearah mana beliau berlabuh, apa mau jadi capres lagi atau mau jadi king maker?.

Tak kalah hebat dan penting jikalau seorang politisi senior seperti Prabowo sukses dalam memunculkan kader-kader baru generasi penerus partai ketimbang hanya memikirkan diri sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN