Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kaesang Sosok Rendah Hati Mau Mendengar Kritik

6 Juni 2019   23:02 Diperbarui: 6 Juni 2019   23:12 831 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kaesang Sosok Rendah Hati Mau Mendengar Kritik
Sumber: Twitter/@kaesangp

Anak bungsu dari Presiden Joko Widodo yaitu Kaesang Pangarep memang sosok yang patut dibanggakan. Terkait kemarin Kaesang melayat almarhumah Ibu Ani Yudhoyono dengan memakai jeans ketat dan baju ketat, sehingga mendapat kritikan pedas. Maka, Kaesang secepat kilat berubah dan menggunakan pakaian yang sopan. Kritikan didengarkan Kaesang dengan sikap rendah hatinya.

Berlebaran bersama keluarga di Istana Negara, Kaesang memakai kemeja koko panjang berwarna putih dipadukan celana bahan berwarna hitam dan peci. Kaesang sempat memamerkan penampilan tersebut di Twitter. "Gimana? Saya tidak pakai JIN. Meski Kaesang sudah berusaha tampil serapi mungkin, tetap saja dikritik netizen. Kali ini loafers bergaya klasik keluaran Gucci di kakinya yang disebut mirip sepatu perempuan (detik.com, 6/6).

Namun demikian, saya yakin Kaesang sudah berusaha berpenampilan lebih baik. Kaesang memang sosok pemuda yang baik hati sebagaimana saya tuliskan sebelumnya. Terlihat Kaesang tidak mau membangkang dan mau mendengar kritikan yang datang padanya.

Dia menganggap kritikan adalah yang terbaik buatnya. Bagaimanapun semua orang pernah membuat salah, termasuk Kaesang.

Atas perubahan dari gaya berpakaian Kaesang, bagi saya itu sudah luar biasa. Bayangkan saja teman, untuk saat ini sangat sulit mencari orang yang mau mendengar kritikan dan mau berubah secepat mungkin. Bahkan, ada yang dikritik, tetapi tak mau mendengar kritik. Dan, ada pula yang mengatakan "Emang urusan loe? Urusin saja urusan pribadimu," Kira-kira begitu teman.

Namun Kaesang kan berbeda dari yang lain. Sosok pemuda kebanggaan kita bangsa Indonesia. Sikap, tingkah laku maupun tindakannya memang sopan, baik hati dan terbuka dengan kritikan. Tentu saja dengan begitu Kaesang akan semakin dicintai dan dibanggakan oleh semua orang. Kaesang memberikan inspirasi bagi pemuda untuk menjadi lebih baik.

Jadi, tak ada alasan untuk tidak memuji atau menyanjung Kaesang. Meski ada kritikan dia akan mendengarkannya. Namun, terkait sepatu yang dipakainya, kalau bagi saya itu tidak masalah. Sepatu untuk saat ini stylenya memang banyak yang seperti itu. Itu sepatu zaman sekarang.

Dan, lagipula sepatu itu bagus kalau kita melihat. Bentuknya pun tidak seperti sepatu perempuan. Untuk dipakai di acara pertemuan pun masih pas atau cocok karena begitu bagus, bukan sepatu yang sudah rusak-rusak.

Tetapi, Kaesang menerima kritikan itu datang padanya. Tak tahu apalagi yang baik dari penampilan Kaesang yang akan dikritik oleh netizen atau warganet. Kita saksikan saja. Dan, kita saksikan bagaimana pendapat Kaesang mengenai kritikan tersebut.

Terpenting, bagi saya dan kita juga sudah pasti Kaesang adalah sosok yang rendah hati dan baik hati. Contoh bagi kita generasi muda. Saya bangga dengan Kaesang sebagaimana juga Pak Jokowi seperti itu. Selalu ramah dengan masyarakat yang datang padanya.

Teruslah seperti itu Kaesang, agar generasi muda melihatmu dan meniru tingkah laku dan tindakanmu. Politisi partai Demokrat sudah memujimu dengan penuh ketulusan. Memang itu adalah kenyataan bahwa dirimu memang baik dan rendah hati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN