Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Sosok Jokowi yang Dicintai Semua Kalangan

5 Juni 2019   21:10 Diperbarui: 5 Juni 2019   21:24 0 4 2 Mohon Tunggu...
Sosok Jokowi yang Dicintai Semua Kalangan
Bule antre open house Jokowi (Farih Maulana/detikcom)

Presiden RI, Joko Widodo memang menakjubkan sekaligus menjadi primadona banyak kalangan. Bayangkan saja Warganegara Asing (WNA) kagum atau ngefans dengan beliau. Kemungkinan karena sosoknya yang humble, baik dan ramah kepada siapapun.

Sebagaimana dikutip dari detik.com 5/6, warganegara Amerika Serikat, Levi Bolinger (37), dan WN Hungaria, Andrea Bollinger (37), mengikuti open house yang diadakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Pasangan suami-istri itu rela antre berpanas-panasan demi bertemu dengan Jokowi. "Ya, dulu saya berharap suatu saat saya bisa bertemu dengan presiden dan ketemu Jokowi," kata Andrea di Silang Monas Barat Laut, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019). 

WNA saja bisa kagum dan ngefans dengan Presiden Jokowi, bagaimana lagi dengan bangsa Indonesia pasti ngefans dan mencintai Jokowi. Saya yakin akan hal tersebut, karena memang sosok Jokowi yang begitu baik dan memukau.

Tindakan dan tingkah laku beliau yang begitu ramah dan mampu berbaur dengan cepat dan mau menyalami rakyat dengan senyuman membuat beliau dicintai oleh banyak pihak. Maka, tak diragukan lagi dengan banyaknya dukungan dengan beliau, membuatnya dapat terpilih kembali menjadi pemimpin Indonesia.

 Kalau kita objektif melihatnya, memang Pak Jokowi berhati mulia. Mulianya dengan tindakan dan tingkah laku beliau yang kita lihat, meski tak secara langsung. Melalui media televisi sudah kita tahu bahwa beliau memang begitu ramah dan baik. Selain itu, kerja kerasnya yang patut kita puji juga.

Harus kita akui bahwa kinerja selama ini sudah tergolong bagus. Meski ada saja pihak yang tidak suka dengan kebijakan dan program beliau. Tetap itu sah-sah saja, asal masih dalam koridor yang berlaku.

Seperti contohnya jalan tol yang dibangun Jokowi. Banyak juga yang merasa manfaatnya tidak terlalu signifikan karena bayar-bayar tol dan untuk yang tidak mempunyai mobil, maka tak bisa merasakan nikmatnya jalan tol.

Namun, banyak juga program yang menyentuh kalangan ke bawah, seperti pemberian Program Keluarga Harapan (PKH), pembangunan rumah rakyat atau sering disebut KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Pemerintah juga berusaha menstabilkan harga bahan pokok agar rakyat menengah ke bawah mampu membeli bahan kebutuhan pokok.

Tentunya, kita harus bisa melihat secara parsial, tidak hanya sebagian saja. Maka dari itu, sangat layak bila WNA saja bisa kagum karena memang Pak Jokowi dicintai karena tingkah laku dan tindakannya kepada rakyat serta kinerjanya juga. Sulit kita untuk tidak mengakui itu.

Pastinya, masih banyak kekurangan, ya harus kita kritisi juga agar lebih baik. Semua diberi wadah untuk itu. Silahkan saja kita mengkritik, mencintai dan menyayangi beliau sebagaimana mestinya.

Salam Kompasianer!!