Mohon tunggu...
Juanda Azhari
Juanda Azhari Mohon Tunggu... Jurnalis - Investor

Journalist, Financial Planner dan Value investor Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Kesalahan Anak Muda yang Buat Pusing Tiap Akhir Bulan

18 Agustus 2022   05:53 Diperbarui: 18 Agustus 2022   05:58 71 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Siapa nih yang kalau akhir bulan tabungannya tinggal 5 ribu rupiah??

Kalian sadar nggak sih sobat muda, banyak diantara kita yang suka kebocoran tabungan padahal kalau dipikirin nggak belanja berlebihan. Tau nggak sih masalahnya apa? Ternyata masalah sebenarnya ialah kita tidak melek secara finansial. Lantas apa itu melek finansial?

Melek Finansial adalah kemampuan kita dalam mengatur dan merencanakan keuangan kita agar tidak terjadi kelebihan pengeluaran (kebanyakan keinginan) atau kata lain boros. Selain itu, banyak diantara kita yang tidak peduli dengan catatan pengeluaran kita. Padahal hal tersebut merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami kebocoran keuangan. Tulis kebutuhan yang ingin dibeli saat akan berbelanja, sehingga hal-hal yang tidak termasuk dalam rencana belanja disingkirkan terlebih dahulu. Bagi penghasilan kita menjadi 3 pos. Yang pertama adalah untuk kebutuhan, keinginan, dan dana darurat. Sesuaikan pembagian pos keuangan dengan kebutuhan dan pemasukan kita. Itulah sedikit tip yang bisa saya sampaikan, Jika ada yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan komentar di laman ini. Jangan lupa juga untuk follow akun saya agar kalian tidak ketinggalan dengan tulisan tulisan saya, Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan