Mohon tunggu...
Asaf Yo
Asaf Yo Mohon Tunggu... mencoba menjadi cahaya

berbagi dan mencari pengetahuan. youtube: asaf yo dan instagram: asafgurusosial

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Perilaku Badminton Lovers yang Rasis terhadap Pemain Malaysia

8 Maret 2021   21:40 Diperbarui: 8 Maret 2021   21:47 279 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perilaku Badminton Lovers yang Rasis terhadap Pemain Malaysia
tangkapan layar -- dok. pribadi

Ada yang menyukai badminton? Kalau ada, maka kita berarti satu kelompok. Hahahaha. Kebetulan hari Minggu kemarin baru saja ada final Swiss Open yang finalisnya beragam. 

Saya hanya fokus di final ganda putri saja yaitu antara unggulan ketiga Stoeva sister (gabriela dan Stefany ) melawan ganda dari Malaysia yaitu Pearly Tan dan Tinaah Muralitharan yang berstatus non unggulan. 

Hmmm, walau bukan unggulan tapi di ajang Swiss Open ini mereka berhasil mengalahkan pasangan unggulan 2 di babak semifinal yang juga merupakan rekan senegara mereka, Lee Meng Yean/Chow Mei Kuan.

Dan akhirnya final itu dimenangkan oleh ganda Malaysia dengan strait set 21-19, 21-12. OK, apakah sudah sampai disini? Tentu tidak. Karena seperti biasa, kalau Malaysia yang main, entah kenapa para badminton lovers (BL) Indonesia itu nyinyirnya minta ampun. 

Sepertinya benci buanget dengan para pemain dari Malaysia. Mungkin karena Malaysia sering mengklaim budaya Indonesia, maka Apapun yang dari Malaysia dianggap sesuatu yang buruk.

Dan nyinyiran BL Indonesia tidak sekedar masalah negara itu, tapi juga berkaitan dengan ras para pemain. Sudah bukan hal yang baru bahwa hampir semua pemain-pemain Malaysia itu pasti keturunan Tionghoa. 

Bukan sesuatu yang aneh sih, tapi masalahnya banyak sekali BL yang membawa bawa Ras Tionghoa. Misalnya komen , itu pemain Malaysia atau pemain India/Cina kok para pemainnya semua India dan Cina. 

Apakah para pemain Malaysia mengimpor pemain dari Cina karena kekurangan pemain dari negaranya sendiri. Mereka itu pemain Malaysia atau pemain Cina sih? Dan sejenis itu lah pokoknya.

Entah kenapa saya selalu jadi emosi dengan hal seperti itu. Karena sudah membawa suku bangsa di dalamnya. Langsung biasanya saya nyinyir balik, mengapa harus menghina para pemain Malaysia.

Entah dia keturunan Tionghoa atau keturunan India, tapi mereka adalah warga negara Malaysia, membawa nama Malaysia dan berada di bawah bendera Malaysia. 

Bukan berarti semua BL seperti itu ya, cuma kebetulan selalu ada komen komen yang membawa ras kalau berkaitan dengan Malaysia. Menganggap bahwa para pemain Malaysia itu tidak nasionalis karena masih menggunakan nama Cina/India mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN