Mohon tunggu...
Jasmine Humaira
Jasmine Humaira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswi

Mahasiswi Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Visi dan Misi Dalam Organisasi

15 Agustus 2021   01:45 Diperbarui: 15 Agustus 2021   01:51 56 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Visi dan Misi Dalam Organisasi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kepemimpinan berarti kemampuan mempengaruhi, memotivasi, mengajak, dan mengarahkan orang lain kepada suatu tujuan yang telah ditentukan. Seorang pemimpin pastinya memiliki visi dan misi untuk organisasi yang dipimpin oleh nya. Tentu saja terdapat strategi yang harus dilakukan untuk menunjang tercapainya visi dan misi

Apa itu visi?

Visi merupakan masa depan ideal yang menarik yang kredibel namun tidak mudah dicapai atau bisa diartikan tujuan ke mana suatu organisasi akan dibawa, sebuah masa depan yang lebih baik, lebih berhasil, atau lebih diinginkan dibandingkan dengan kondisi sekarang. Visi yang efektif menyediakan hubungan antara hari ini dan besok, berfungsi untuk memberi energi pada pengikut dan memusatkan perhatian mereka, memberikan makna bagi pekerjaan orang, dan menetapkan standar keunggulan dan integritas dalam organisasi.

Apa saja Langkah yang harus dilakukan seorang pemimpin untuk menciptakan visi?

Tentu saja dalam menciptakan visi, pemimpin harus berbagi visi pribadi mereka dengan orang lain (pengikut) dan mendorong pengikutnya untuk mengekspresikan apa yang menjadi impian mereka di masa depan. Hal seperti membutuhkan keterbukaan antara pemimpin dan para pengikutnya, yang menjadi tanggung jawab utama seorang pemimpin untuk mendorong pengikut nya dan menemukan landasan bersama yang mengikat mimpi pribadi menjadi visi bersama bagi organisasi.

Langkah yang dilakukan seorang pemimpin untuk menciptakan visi:

Target a vision for a desired future, Visi biasanya dimulai dengan pemimpin, yang memiliki gagasan yang jelas dan meyakinkan tentang ke mana tim atau organisasi harus pergi. Pemimpin harus bersemangat dengan gagasan itu sebelum orang lain menyukainya.

Co-create the vision, para pemimpin tidak menyajikan visi yang terbentuk sepenuhnya kepada pengikut. Orang menginginkan visi masa depan yang mencerminkan impian dan harapan mereka sendiri.

Identify strengths, Kumpulkan daftar apa yang dilakukan organisasi dengan baik dan hal-hal yang dibanggakan orang. Berdasarkan pembicaraan dengan orang-orang di seluruh organisasi atau apa yang keluar dari kelompok fokus, buat daftar pencapaian masa lalu, keterampilan, sumber daya, dan sebagainya yang mungkin menjadi aset dalam mencapai masa depan yang diinginkan.

Write a first draft, penting untuk menuliskan sesuatu secara tertulis, tetapi pastikan para pengikut/anggota tahu bahwa itu adalah draf yang membutuhkan umpan balik. Menulislah dari hati, mengingat bahwa emosilah yang mendorong orang. Bertujuan untuk sesuatu yang hebat dan menempatkan diri kita ke masa depan yang kita bayangkan.

Solicit feedback and create the final vision statement, Pernyataan visi dapat melalui beberapa draf sebelum final. Yang penting adalah setiap orang memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik.

Share the vision widely, Berkomunikasi secara luas dan sering, menggunakan banyak saluran.

Apa itu misi?

Misi merupakan suatu proses atau tahapan yang dilalui oleh sebuah organisasi untuk mencapai tujuan dari visi yang telah dibentuk atau bisa diartikan sebagai strategi, tindakan, atau berbagai tahapan yang harus dilakukan suatu organisasi untuk merealisasikan visi. Misi tidak sama dengan visi perusahaan, meskipun keduanya bekerja sama. Misi yang kuat yang mencerminkan tujuan mulia dan visi yang membimbing keduanya penting, Agar organisasi berhasil, pemimpin harus menerjemahkan visi, nilai, dan tujuan ke dalam tindakan yang merupakan peran pemimpin sebagai ahli strategi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan