Mohon tunggu...
Nurfauziyah
Nurfauziyah Mohon Tunggu... Foto/Videografer - ziyah

early childhood islamic education

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apa Perkembangan Kognitif Itu?

15 Februari 2019   02:11 Diperbarui: 16 Februari 2019   22:56 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak-anak merupakan tahap dari semua proses manusia yang awal. Setelah dilahirkan dan mejadi bayi, kita pastinya melalui tahap tumbuh dan berkembang. Dalam semua perkembangan anak memiliki perkembangan kognitif atau perkembangan pikiran.

Menurut piaget perkembangan kognitif mempunyai 4 aspek:
1. Kematangan
2. Pegalaman
3. Interaksi Sosial
4. Ekuilibrasi (pengoreksian diri)

Anak akan secara langsung membangun dunia kognitif mereka dengan cara menggunakan skema tersendiri untuk menjelaskan hal-hal yang mereka alami seperti layaknya bercerita atau menjelaskan apa yang mereka hadapi.

Skema merupakan struktur kognitif yang digunakan oleh tiap individu untuk berdaptasi dengan lingkungan tiap individu secara intelektual. Dan piaget juga mengatakan terdapat 2 proses yang akan di alami seseorang untuk menghadapi skema mereka:

1. Asimilasi yaitu suatu proses penambahan informasi baru kedalam skema yang sudah ada. Proses ini bersifat subjektif, karena seseorang cenderung mengolah pengalaman informasi yang sudah diperolehnya supaya bisa masuk ke dalam skema yang sudah ada.

2. Akomodasi yaitu suatu bentuk penyesuaian lain yang melibatkan perubahan skema yang sudah ada dikarenakan adanya informasi baru yang hadir dan tidak sesuai dengan skema sebelumnya atau skema yang sudah ada.

Karakteristik perkembangan kognitif anak:
1. Usia 0-2 tahun anak biasa nya sudah dapat melihat tapi hanya cahaya, sudah bisa menghitung meskipun sering awalnya yang urut lalu seterusnya berhamburan, memperhatikan dan mengikuti tingkah laku orang dewasa, dan mengingat benda yang ada dan mengembalikannya setempat semula.

2. Usia 2-4 tahun sudah bisa menunjuk gambar yang sederhana dan menyebutkan nama benda tersebut, lebih suka mendengar cerita, sudah bisa mengenal dan menyebutkan angota tubuh, dapat mengelompokkan warna, dapat mengenal fungsi benda dengan baik, dll.

3. Usia 4-6 tahun anak dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bentuk, warna, dan fungsinnya secara sederhana, sudah bisa membaca dan mengaati gambar, dapat bercerita dengan suara yang lantang dll.

Sebagai orang tua sebaiknya mampu memantau perkembangan anak dengan lebih baik, sehingga anak dapat tumbbuh menjadi pribadi yang pintar juga cerdas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun