Mohon tunggu...
Jovica Aulia Rch
Jovica Aulia Rch Mohon Tunggu... Mahasiswa Universits Mercu Buana

saat ini postan saya akan mengenai pembelajaran akuntansi, mungkin nanti kita lihat lagi hehe

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tugas Mata Kuliah Prof. Dr Apollo (Daito): Revenue (Pendapatan)

19 Mei 2020   20:01 Diperbarui: 19 Mei 2020   19:55 71 0 0 Mohon Tunggu...

hallo teman teman..

kali ini saya ingin menuliskan artikel tentang pendapatan (revenue), pasti kalian anak akuntansi sudah lebih paham apa itu revenue, karena akuntansi tidak dapat pisah oleh kata revenue.

dan mari kita pelajari sama-sama untuk lebih jelasnya.

Jadi Pendapatan (Revenue) adalah pernyataan, pernyataan apa?

Pernyataan bahwa suatu perusahaan telah menghasilkan usaha produk-produk atau jasa yang menghasilkan uang atau pencatatan keuangan dalam satu periodenya. Ingat yaa harus menghasilkan uang baru dapat dikatakan sebagai pendapatan.

nah secara sederhana nih, revenue itu merupakan hasil berupa uang yang diterima oleh perusahaan dari penjualan produk atau jasa, namun uang yang diterima tersebut bukan berasal dari penanaman modal. Jadi harus yang benar-benar real dari hasil penjualan produk yaa..

Selanjutnya kita cari tau tentang, TERBENTUKNYA PENDAPATAN DAN REALISASI PENDAPATAN

Konsep realisasi, konsep ini merupakan teknik akuntansi sebagai dasar apakah pendapatan dapat diakui.

nah dalam konsep ini bermaksut bahwa barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan telah di bayar oleh pihak pembeli, jadi secara sederhana bahwa produk atau jasa yang telah di bayarkan oleh pembeli baru dapapat dikatakan sebagai pendapatan perusahaan.

lalu melalui referensi yang saya dapat merurut Paton dan Littleton (1940) proses realisasi pendapatan itu dapat ditandai oleh dua kejadian, seperti ini contohnya:
a. melalui kegiatan penjualan jasa yang sah, adanya perubahan produk menjadi produk aktiva lain seperti jasa namun tak luput dari adanya kepastian dalam perubahan tersebut.
b. biasanya dalam transaksi penjualan tersebut, adanya pengesahan dengan diperolehnya aktiva lain seperti aktiva lancar.

oke selanjutnya kita membahas tentang, KRITERIA PENGAKUAN PENDAPATAN
pertama, Pengukuran nilai aktiva

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x